Pengertian Prestasi Kerja Karyawan Definisi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Prestasi Kerja - Prestasi kerja  adalah hasil yang dicapai atau yang diinginkan oleh semua orang dalam bekerja. Prestasi kerja untuk tiap-tiap orang tidaklah sama ukuranya alasannya yaitu insan itu satu sama lain berbeda. Perbedaan ini terletak pada diri maupun luar individu.

Beberapa pendapat perihal Definisi prestasi kerja Menurut Para Ahli adalah:

Pendapat dari Drs. Supardi: (Supardi, Manajemen Personalia, Edisi 1, BPFE Yogyakarta,1989, hal 63)

Prestasi kerja adalah aktivitas dan hasil kerja yang dicapai atau ditunjukan oleh seseorang didalampelaksanaan kiprah pekerjaan. Dapat dikatakan pula bahwa perestasi kerja merupakan perwujudan atau penampilan dalam melakukan pekerjaan


Pendapat dari T. Hani Handoko: (T Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi kedua. BPFE, UGM. Yogyakarta, 1997)

Prestasi kerja yaitu proses melalui mana organisasi-organisasi mengevaluasi dan menilai prestasi kerja karyawan.

Dari pendapat diatas sanggup disimpulkan bahwa penilaian prestasi kerja merupakan proses melalui mana organisasi mengevaluasi dan menilai prestasi kerja karyawan..


Pengukuran Prestasi Kerja Karyawan

Pengukuran prestasi kerja karyawan sanggup dilihat dari beberapa factor: (Heidjracman dan Suad Husnan. Personalia, BPFE, Yogyakarta, 1990, hal 148)

  • Kualitas Kerja
    Kulitas kerja mencakup ketepatan, ketelitian, ketrampilan, dan keberhasilan karyawan dalam melakukan pekerjaanya.
  • Kuantitas Kerja
    Merupakan jumlah autput produk-produk yang dihasilakan dan ketepatan dalam melakukan pekerjaan.
  • Keandalan
    Keandalan yaitu kemampuan karyawan dalam melakukan instuksi atau perintah, berinisiatif perilaku kehati-hatian dan kerajinan
  • Sikap karyawan terhadap perusahaan, karyawan lain dan pekerjaan serta kerja sama

Teknik Penilaian Prestasi Kerja
Penilaian prestasi kerja menurut sistematis yaitu sebagai berikut:

  1. Penilaian Sistematis Oleh Atasan
    Penilaian sistematis banyak menunjukkan manfaat bagiperusahaan.pertama yaitu menunjukkan isu dalam keputusan yang menyangkut masalah-masalah menyerupai promosi, kenaikan gaji. Manfaat kedua yaitu sanggup dipergunakan untuk mendoromg  dan memimpin pengembangan karyawan.
  2. System-Sistem Penilaian Prestasi Kerja Kelompok
    Pengukuran prestasi kerja karyawan kelompok memiliki dasar yang sama dengan system penilaian jabatan. Penilaian ini memiliki tujuan  untuk memilih baik tidaknya karyawan untuk dipromosikan.ada tiga metode penilaian prestasi kerja antara lain: (Hani Handoko. Manajemen, Edisi Kedua,  Penerbit BPFE, Yogyakarta, 1996, Hal 148)
    • Rangking
      Penilaian prestasi kerja ini dimulai dengan membandingkan karyawan satu dengan karyawan lain,menentukan siapa yang lebih baik. Perbandingan ini dilakukan secara keseluruhan, artinya tidak dicoba di pisah-pisahkan faktor-faktor yang menghipnotis prestasi kerja karyawan pada perusahaan.
    • Grading atau Forced Distributions
      Pada metode ini penilaian memisah-misahkan atau “menyortir” pada karyawan kedalam pembagian terstruktur mengenai yang berbeda.biasanya satu proporsi tertentu harus diletakan pada setiap kategori.
    • Poin Allocation Method
      Metode ini merupakan bentuk lain grading. Penilaian diberikan sejumlah nilai total untuk dialokasikan diantara para karyawan dan kelompok.
hasil yang dicapai atau yang diinginkan oleh semua orang dalam bekerja Pengertian Prestasi Kerja Karyawan Definisi Menurut Para Ahli


Manfaat Penilaian Prestasi Kerja
Manfaat penilaian prestasi kerja antara lain:

a.    Perbaikan Prestasi Kerja
Umpan balik pelaksanaan kerja memungkinkan karyawan,manajer dan departemen personalia sanggup membetulkan kegiatan- aktivitas mereka untuk memperbaiki prestasi

b.    Penyesuaian Kompensasi
Evaluasi prestasi kerja membantu pengambilan keputusan dalam memilih upah, proteksi bonus dan bentuk kompensasi lainnya.

c.    Keputusan Penempatan
Promosi, transfer dan demosi biasanya didasarkan pada prestasi kerja masa kemudian atau antisipasinya. Promosi merupakan bentuk penghargaan terhadap prestasi kerja masa lalu.

d.    Kebutuhan Latihan dan Pengembangan
Prestasi kerja yang jelek  mungkin menandakan kebutuhan latihan. Demikian juga prestasi kerja yang baik mungkin mencerminkan potensi yang harus dikembangkan.

e.    Perencanaan dan Pengembangan Karier
Umpan balik prestasi mengarahkan keputusan karier yaitu perihal jalur karier tertentu yang harus diteliti.

f.    Mengetahui Penyimpangan Staffing
Prestasi yang baik atau jelek  mencerminkan kekuatan dan kelemahan mekanisme staffing departemen personalia.

g.    Ketidak Akuratan Informasi
Prestasi kerja yang buruk mungkin menandakan kesalahan dalam isu analisis jabatan.rencana sumber daya insan atau komponen lain system isu administrasi atau komponen lain system isu administrasi personalia. Menggantungkan diri pada isu yang tidak akurat sanggup menyebabkan keputusan personalia yang diambil tidak tepat. 

h.    Diagnosa Disain Pekerjaan
Prestasi kerja yang buruk mungkin merupakan suatu tanda kesalahan dalam dsain pekerjaan.penilaian isu membantu diagnosa kesalahan tersebut.

i.    Kesempatan Kerja yang Adil
Penilaian kerja secara akurat akan menjamin keputusan penempatan internal diambil tanpa diskriminasi.

j.    Mengatasi Tantangan External
Kadang kadang prestasi kerja dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar lingkungan kerja menyerupai keluarga, kesehatan, kondisi financial atau masalah-masalah langsung lainya.

Daftar Pustaka  - Pengertian Prestasi Kerja Definisi Menurut Para Ahli

T Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi kedua. BPFE, UGM. Yogyakarta, 1997

Hani Handoko. Manajemen, Edisi Kedua,  Penerbit BPFE, Yogyakarta, 1996, Hal 148

Heidjracman dan Suad Husnan. Personalia, BPFE, Yogyakarta, 1990, hal 148

0 Response to "Pengertian Prestasi Kerja Karyawan Definisi Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment