Guru K13 : Pola Rpp K13 Pkn Revisi 2018 Sma / Ma / Smk

Sahabat Blog Pendidikan Terbaru khususnya mengenai RPP Kurikulum 2013 Buku K13 Revisi Terbaru, Contoh RPP K13 PKn Revisi 2018. Kami informasikan kepada mitra guru yang sedang mencari panduan pembuatan RPP Terbaru. Sebagaimana kita ketahui bersama Model dan Metode pendidikan dalam 5 tahun ini selalu mengalami perkembangan dan perbaikan. Sehingga sebagai pengajar di sekolah kita diwajibkan untuk mengetahui hal tersebut. Panduan ini sanggup dipakai untuk Kelas X,XI dan XII SMA, MA, dan SMK

Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan RPP, penyiapan media dan sumber belajar, perangkat evaluasi pembelajaran, dan skenario pembelajaran dengan memperhatikan komponen, prinsip dan langkah-langkah penyusunan RPP berikut.

Contoh RPP K13 PKn Revisi 2018 SMA / MA / SMK


Komponen RPP: Contoh RPP K13 PKn Revisi 2018 SMA / MA / SMK

Dalam Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 wacana Pembelajaran dinyatakan bahwa RPP merupakan planning pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. Adapun komponen RPP sesuai dengan Permendikbud tersebut paling sedikit memuat:
(1) identitas sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester;
(2) alokasi waktu;
(3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi;
(4) materi pembelajaran;
(5) kegiatan pembelajaran (*);
(6) penilaian; dan
(7) media/alat, bahan, dan sumber belajar.

Selanjutnya, dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 wacana Standar Proses, bahwa komponen RPP terdiri atas identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, KD dan IPK, materi pembelajaran, metode, media, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran (*) dan evaluasi hasil pembelajaran. Kedua Permendikbud tersebut sama-sama membahas komponen RPP.

Berdasarkan dua Permendikbud tersebut RPP sanggup dikembangkan memakai tiga alternatif (1) mengacu pada komponen Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014, (2) mengacu pada komponen Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, dan (3) memadukan komponen dari dua Permendikbud (saling melengkapi).

Prinsip-prinsip penyusunan RPP : Contoh RPP K13 PKn Revisi 2018 SMA / MA / SMK
  1. Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
  2. Partisipasi aktif siswa.
  3. Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk  menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan kegiatan derma umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi isu dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi

Langkah penyusunan RPP : Contoh RPP K13 PKn Revisi 2018 SMA / MA / SMK
  1. Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus).
  2. Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan planning evaluasi sesuai dengan muatan  KD.
  3. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan
  4. Analisis  Keterkaitan SKL, KI, dan KD)
  5. Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini menurut hasil analisis waktu yang diperlukan untuk pencapaian tiap IPK dan diadaptasi dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan.
  6. Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan menurut KD dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  7. Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran sanggup berasal dari buku teks  pelajaran, buku panduan guru, sumber berguru lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
  8. Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.
  9. Menentukan media, alat, materi yang dipakai dalam proses pembelajaran.
  10. Memastikan sumber berguru yang dijadikan rujukan yang akan dipakai dalam langkah pembagian terstruktur mengenai proses pembelajaran.
  11.  Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
  12. Mengembangkan evaluasi proses dan hasil berguru meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran (lihat Panduan Penilaian).
eksklusif Saja silahkan Download Contoh RPP K13 PKn Revisi 2018 pada link dibawah ini :

Contoh RPP K13 PKn Islam Revisi 2018 : Google Drive

Sekian artikel blog pendidikan terbaru terkait dengan RPP K13 Revisi terbaru dengan judul postingan Guru K13 : Contoh RPP K13 PKn Revisi 2018 Sekolah Menengan Atas / MA / SMK






Silahkan Bapak/Ibu Guru Kelas/Mata Pelajaran Pengampu di sekolah yang telah memakai kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional (Kurnas) salin tautan, bagikan serta simpan link ke post ini supaya yang tersemat di Blog Pendidikan ini sanggup bermanfaat.


 

0 Response to "Guru K13 : Pola Rpp K13 Pkn Revisi 2018 Sma / Ma / Smk"

Post a Comment