Guru K13 : Pengertian Kiprah Terstruktur Dan Tidak Terstruktur

Sahabat Blog Pendidikan Terbaru khususnya mengenai Kurikulum 2013 K13 Revisi Terbaru, Pengertian kiprah terstruktur dan tidak terstruktur. Tugas ialah hal rutin yang diberikan guru kepada anak didiknya. Kadang guru menawarkan kiprah dengan jumlah yang bisa dikatakan sangat banyak dan tidak jarang tidak menawarkan kiprah sama sekali. Bagaimana dengan Anda sebagai guru, berapa frekuensi kiprah yang anda berikan?

Dalam menawarkan kiprah guru tidak selalu berpatokan setiap hari ada tugas, setiap hari ada PR dan kiprah besok harus sudah dikumpul. Tugas yang diberikan guru mempunyai jenis kiprah terstruktur dan tidak terstruktur. Bagaimana kedua kiprah tersebut? Dimanakah perbedaan kiprah terstruktur dengan kiprah tidak terstruktur, selengkapnya akan dibahas berikut ini.

Pengertian Tugas Mandiri Terstruktur (TMT) Dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur (TMTT)

Tugas terstrukur adalah sebuah kiprah yang diberikan kepada siswa dalam upaya meningkatkan pemahamannya terhadap suatu bahan pembelajaran, dimana waktu pengumpulan kiprah terstrutur ditentukan oleh guru, bisa pada pembelajaran berikutnya atau keesokan harinya. Dan siswa harus menuntaskan kiprah tersebut dan menyerahkannya pada batas waktu yang sudah ditentukan. Dalam acara pembelajaran keseharian di sekolah, guru kerap menawarkan jenis kiprah ini kepada siswa.

Tugas terstruktur bisa dipakai pada semua mata pelajaran. Tugas ini terstruktur ini biasanya diberikan sesudah siswa selesai mempelajari satu topik bahan pembelajaran. Dengan kiprah terstruktur, guru akan mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahami sebuah bahan pembelajaran. Tugas ini juga biasanya diberikan secara mandiri. Mandiri dalam pengertian kiprah tersebut dikerjakan sendiri oleh siswa.

Pengertian kiprah tidak terstruktur

Tugas tidak terstruktur merupakan kiprah yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami suatu bahan pembelajaran, dimana waktu pengumpulan kiprah ditentukan dalam waktu yang lama. Bisa hingga satu bulan atau simpulan semester. Bila dalam rentang waktu itu siswa sudah bisa menuntaskan kiprah meskipun belum hingga pada batas waktu yang telah ditentukan.

Tugas tidak terstruktur ini mungkin agak jarang diberikan oleh guru. Kadang diberikan sekali dalam satu semester. Tugas tidak terstruktur biasanya diberikan dalam bentuk proyek. Nah, kiprah dalam bentuk proyek inilah yang memerlukan waktu yang sangat lama.

Dalam pembelajaran sehari-hari kiprah terstruktur diberikan dengan mengacu kepada tujuan pembelajaran dan indikator. Tugas terstruktur dalam pembelajaran lebih ideal diminta untuk mengumpulkan paling lambat seminggu kemudian. Dalam menawarkan kiprah terstruktur sebaiknya guru menawarkan tidak terlalu banyak. Cukup 5 – 10 soal tergantung tingkat kesukaran. Semakin sukar kiprah yang diberikan maka volumenya usahan lebih sedikit, sebaliknya kalau kiprah yang diberikan gampang makan sesuaikan supaya tidak terlalu banyak.

Tugas terstruktur hendaknya rutin diberikan oleh guru dalam setiap simpulan pembelajaran. Dengan pinjaman kiprah terstruktur maka waktu berguru siswa di rumah akan selalu konsisten. Tugas terstruktur akan bisa meningkatkan berguru anak setiap harinya di rumah.

Manfaat pinjaman kiprah terstruktur

Pemberian kiprah kepada siswa akan menciptakan siswa lebih greget dalam belajar. Juga perlu diperhatikan jangan hingga kiprah yang diberikan sangat banyak dan menciptakan siswa menjadi stres. Berikan kiprah sesuai dengan tujuannya, sehingga akan menawarkan manfaat yang berarti bagi siswa dan bagi pembelajaran yang dilakukan guru. Adapun manfaat kiprah terstruktur ialah sebagai berikut:

Manfaat bagi siswa :
  1. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih memahami bahan pelajaran yang telah dibahas di sekolah
  2. Memberikan waktu kepada siswa untuk mengulang kembali bahan pelajaran
  3. Siswa sanggup mengukur kemampuan dirinya dalam pembelajaran
  4. Menumbuhkan rasa percaya diri dan disiplin siswa.

Manfaat bagi guru:
  1. Mengetahui letak kekurangan dan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
  2. Mengukur kemampuan siswa sehingga akan memudahkan guru dalam merencanakan bimbingan kepada siswa yang masih sangat kurang.
  3. Meningkatkan profesionalisme guru didalam melakukan pembelajaran

Manfaat bagi orang bau tanah di rumah:
  1. Memberikan kesempatan pada orang bau tanah untuk melihat perkembangan anak
  2. Orang bau tanah bisa ikut berperan serta dalam mensukseskan pembelajaran buah hati mereka.
  3. Jalainan kerjasama antara orang bau tanah dengan guru dan sekolah semakin kuat.

Pemberian kiprah tidak terstruktur dalam pembelajaran

Sedikit berbeda dengan kiprah tidak terstruktur. Dari susunan kata kita sudah sanggup menarik sebuah pengertian dasar, bahwa kiprah tidak terstruktur itu sedikit berbeda dengan trugas terstruktur. Beda kedua kiprah tersebut terletak pada waktu pengumpulan kembali kiprah tersebut. Tugas tidak terstruktur meminta waktu siswa dalam mengerjakan kiprah tersebut dibatasi, bahkan kiprah tidak terstruktur menawarkan waktu yang lebih usang lagi dalam pengerjaannya.

Pemberian kiprah tidak terstruktur lebih banyak pada tugas-tugas yang bersifat proyek. Tugas proyek yang diberikan di sekolah dasar contohnya :

Tugas menciptakan lukisan, menciptakan bingkai foto atau kiprah lainnya. Tugas tidak terstruktur ini diberikan secara berkelompok.

Manfaat kiprah tidak terstruktur dalam pembelajaran

Seperti halnya dengan kiprah terstruktur, kiprah tidak terstruktur  juga mempunyai manfaat bagi siswa, diantaranya :
  1. Mampu melatih siswa untuk bekerja sama secara berkelompok
  2. Memberikan siswa untuk berkreasi sebab waktu mengerjakan kiprah lebih lama
  3. Menumbuhkan rasa percaya diri siswa sebab sanggup mengerjakan kiprah dalam waktu yang lebih lama.
Kesimpulan
Tugas terstrukur ialah sebuah kiprah yang diberikan kepada siswa dalam upaya meningkatkan pemahamannya terhadap suatu bahan pembelajaran, dimana waktu pengumpulan kiprah terstrutur ditentukan oleh guru, bisa pada pembelajaran berikutnya atau keesokan harinya. Dan siswa harus menuntaskan kiprah tersebut dan menyerahkannya pada batas waktu yang sudah ditentukan.

Tugas tidak terstruktur merupakan kiprah yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami suatu bahan pembelajaran, dimana waktu pengumpulan kiprah ditentukan dalam waktu yang lama. Bisa hingga satu bulan atau simpulan semester. Bila dalam rentang waktu itu siswa sudah bisa menuntaskan kiprah meskipun belum hingga pada batas waktu yang telah ditentukan.

Apapun jenis kiprah yang anda berikan baik itu terstruktur dan tidak terstruktur semua harus diperhatikan dengan baik. Terutama kemampuan siswa anda, jangan hingga menyiksa siswa anda.


Sekian artikel blog pendidikan terbaru terkait dengan Buku K13 Revisi terbaru dengan judul postinganGuru K13 : Pengertian kiprah terstruktur dan tidak terstruktur

Silahkan Bapak/Ibu Guru Kelas/Mata Pelajaran Pengampu di sekolah yang telah memakai kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional (Kurnas) salin tautan, bagikan serta simpan link ke post ini semoga yang tersemat di Blog Pendidikan ini sanggup bermanfaat.




0 Response to "Guru K13 : Pengertian Kiprah Terstruktur Dan Tidak Terstruktur"

Post a Comment