Soal Dan Pembahasan Matematika Ipa Sbmptn 2017 Arahan 106

Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN  Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2017 Kode 106
Berikut ini yaitu Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2017 Kode 106. Semoga dengan adanya pembahasan ini adik-adik dan teman-teman sekalian sanggup berlatih menjawab soal-soal SBMPTN dengan lebih semangat. Belajar dan berlatihlah dengan semangat demi menuju masa depan yang lebih cerah. Ingat jangan lengah pesaing anda juga sedang belajar... hehehehe. Jika ada sesuatu yang kurang jelas... boleh kita saling mengembangkan di kolom komentar. Dan jikalau suka... tidaklah rugi menunjukkan like, betul gak...? Oh iya... jikalau ingin file pdfnya silahkan download di selesai postingan.


SBMPTN 2017 Kode 106 No. 1
Jika $a$ dan $b$ memenuhi $\left\{ \begin{matrix} \frac{9}{a+2b}+\frac{1}{a-2b}=2 \\ \frac{9}{a+2b}-\frac{2}{a-2b}=-1 \\ \end{matrix} \right.$ maka $a-b^2$ = ….
A. 1     B. 2     C. 3     D. 5      E. 9
Pembahasan:
$\frac{9}{a+2b}+\frac{1}{a-2b}=2$
$\frac{9}{a+2b}-\frac{2}{a-2b}=-1$
-------------------------------(-)
$\frac{3}{a-2b}=3$
$a-2b=1 \rightarrow a=2b+1$
Substitusi ke:
$\frac{9}{a+2b}-\frac{2}{a-2b}=-1$
$\frac{9}{2b+1+2b}-\frac{2}{2b+1-2b}=-1$
$\frac{9}{4b+1}-2=-1$
$\frac{9}{4b+1}=1$
$4b+1=9$
$4b=8$
$b=2$
$a=2b+1$
$a=2.2+1=5$
$a-b^2=5-2^2=1$
Kunci: A

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 2
Seorang pelajar berencana untuk menabung di koperasi yang manfaatnya dihitung setiap semester. Apabila jumlah tabungan menjadi dua kali lipat dalam 5 tahun, maka besar tingkat suku bunga per tahun yaitu ….
A. $2\left( \sqrt[10]{2}-1 \right)$
B. $2\left( \sqrt[5]{2}-1 \right)$
C. $2\left( \sqrt{2} \right)$
D. $2\left( \sqrt[5]{2} \right)$
E. $2\left( \sqrt[10]{2} \right)$
Pembahasan:
Missal, $M_0=x$, $M_n=2x$ dan $i$ = persentase bunga per semester. Periode = 5 tahun = 5 x 2 semester maka $n=10$.
$M_n=M_0(1+i)^n$
$\begin{align} 2x & =x(1+i)^{10} \\ 2 & =(1+i)^{10} \\ \sqrt[10]{2} & =1+i \\ \sqrt[10]{2}-1 & =i \\  \end{align}$
Tingkat suku bungan per tahun adalah:
= 2i
= $2(\sqrt[10]{2}-1)$
Kunci: A

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 3
Himpunan penyelesaian dari $\frac{x}{x+{{x}^{2}}}\ge -\frac{{{x}^{2}}}{x-{{x}^{2}}}$ yaitu …
A. $\{x|-\frac{1}{2}\le x < 0\text{ atau }0 < x\le \frac{1}{2}\}$
B. $\{x|-\frac{1}{2} < x < 0\text{ atau }0 < x < 1\}$
C. $\{x|-\frac{1}{2}\le x < 0\text{ atau }0 < x < 1\}$
D. $\{x|-1 < x < 0\text{ atau }0 < x \le \frac{1}{2}\}$
E. $\{x|-1 < x < 0\text{ atau }0 < x < 1\}$
Pembahasan:
$\begin{align} \frac{x}{x+{{x}^{2}}}& \ge -\frac{{{x}^{2}}}{x-{{x}^{2}}} \\ \frac{x}{x+{{x}^{2}}}+\frac{{{x}^{2}}}{x-{{x}^{2}}} &\ge 0 \\ \frac{x}{x(1+x)}+\frac{{{x}^{2}}}{x(1-x)}&\ge 0 \\ \frac{x(1-x)+{{x}^{2}}(1+x)}{x(1+x)(1-x)} &\ge 0 \\ \frac{x-{{x}^{2}}+{{x}^{2}}+{{x}^{3}})}{x(1+x)(1-x)} &\ge 0 \\ \frac{x+{{x}^{3}}}{x(1+x)(1-x)} &\ge 0 \\ \frac{x({{x}^{2}}+1)}{x(1+x)(1-x)} &\ge 0 \end{align}$
$x\ne -1,x \ne 0,x\ne 1$
Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN  Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2017 Kode 106
$\{x|-1< x < 0 \text{ atau }0 < x < 1\}$
Kunci: E

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 4 
Diketahui vector $\vec{a},\vec{u},\vec{v},\vec{w}$ yaitu vector di bidang kartesius dengan $\vec{v}=\vec{w}-\vec{u}$ dan sudut antara $\vec{u}$ dan $\vec{w}$ yaitu $60^o$. Jika $\vec{a} = 4\vec{v}$ dan $\vec{a}.\vec{u} = 0$ maka …
A. ||u||=2||v||
B. ||v||=2||w||
C. ||v||=2||u||
D. ||w||=2||v||
E. ||w||=2||u||
Pembahasan:
$\vec{v}=\vec{w}-\vec{u}$ (kali kedua ruas dengan 4)
$4\vec{v}=4\vec{w}-4\vec{u}$ ; diketahui $\vec{a} = 4\vec{v}$, maka:
$\vec{a}=4\vec{w}-4\vec{u}$; (kali kedua ruas dengan $\vec{u}$)
$\vec{a}.\vec{u}=4\vec{u}.\vec{w}-4.\vec{u}.\vec{u}$; diketahui $\vec{a}.\vec{u} = 0$, maka:
$0=4\vec{u}.\vec{w}-4|\vec{u}{{|}^{2}}$
$4|\vec{u}{{|}^{2}}=4\vec{u}.\vec{w}$
$|\vec{u}{{|}^{2}}=\vec{u}.\vec{w}$; diketahui $\angle (\vec{u},\vec{w})={{60}^{o}}$ , maka:
$|\vec{u}{{|}^{2}}=|\vec{u}||\vec{w}|\cos {{60}^{o}}$
$|\vec{u}{{|}^{2}}=|\vec{u}||\vec{w}|.\frac{1}{2}$
$2|\vec{u}{{|}^{2}}=|\vec{u}||\vec{w}|$
$2|\vec{u}|=|\vec{w}|$
$|\vec{w}|=2|\vec{u}|$
Kunci: E

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 5
Diketahui persamaan $\sec \theta \left( \sec \theta {{(\sin \theta )}^{2}}+\frac{2}{3}\sqrt{3}\sin \theta \right)=1$. Jika ${{\theta }_{1}}$ dan ${{\theta }_{2}}$ yaitu solusi dari persamaan tersebut, maka $\tan {{\theta }_{1}}.\tan {{\theta }_{2}}$ = …
A. -1        B. -0,5        C. 0        D. 0,5        E. 1
Pembahasan:
$\sec \theta \left( \sec \theta {{(\sin \theta )}^{2}}+\frac{2}{3}\sqrt{3}\sin \theta \right)=1$
$\frac{1}{\cos \theta }\left( \frac{1}{\cos \theta }.{{\sin }^{2}}\theta +\frac{2}{3}\sqrt{3}\sin \theta \right)=1$
$\frac{{{\sin }^{2}}\theta }{{{\cos }^{2}}\theta }+\frac{2}{3}\sqrt{3}.\frac{\sin \theta }{\cos \theta }=1$
${{\tan }^{2}}\theta +\frac{2}{3}\sqrt{3}.tan\theta =1$
$3{{\tan }^{2}}\theta +2\sqrt{3}.tan\theta -3=0$
$a=3,b=2\sqrt{3},c=-3$
$tan{{\theta }_{1}}.\tan {{\theta }_{2}}=\frac{c}{a}=\frac{-3}{3}=-1$
Kunci: A


SBMPTN 2017 Kode 106 No. 6
Persamaan salah satu asimtot dari hiperbola $4y^2-x^2+16y+6x+3=0$ yaitu …
A. $x+2y+5=0$
B. $x-2y+1=0$
C. $x-2y+7=0$
D. $x+2y+1=0$
E. $x+2y-1=0$
Pembahasan:
$4y^2-x^2+16y+6x+3=0$
$4{{y}^{2}}+16y-{{x}^{2}}+6x+3=0$
$4({{y}^{2}}+4y)-({{x}^{2}}-6x)+3=0$
$4\left[ {{(y+2)}^{2}}-4 \right]-\left[ {{(x-3)}^{2}}-9 \right]+3=0$
$4{{(y+2)}^{2}}-16-{{(x-3)}^{2}}+9+3=0$
$4{{(y+2)}^{2}}-{{(x-3)}^{2}}=4$
$\frac{{{(y+2)}^{2}}}{{{1}^{2}}}-\frac{{{(x-3)}^{2}}}{{{2}^{2}}}=1$
$\frac{{{(y-q)}^{2}}}{{{a}^{2}}}-\frac{{{(x-p)}^{2}}}{{{b}^{2}}}=1$
a = 1, b = 2, q = -2, p = 3
Asimtotnya:
$y-q=\pm \frac{a}{b}(x-p)$
$y+2=\pm \frac{1}{2}(x-3)$
(1)
$y+2=\frac{1}{2}(x-3)$$y+2=-\frac{1}{2}(x-3)$
$2y+4=x-3\Leftrightarrow x-2y-7=0$
(2)
$y+2=-\frac{1}{2}(x-3)$
$2y+4=-x+3\Leftrightarrow x+2y+1=0$
Kunci: D

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 7
Misalkan $f(x) = 3x^3-9x^2+4bx+18=(x-2)g(x)+2b$ maka $g(-2)$ = …
A. 12       B. 10        C. 8        D. 6        E. 4
Pembahasan:
$f(x) = 3x^3-9x^2+4bx+18=(x-2)g(x)+2b$
$f(2)={{3.2}^{3}}-{{9.2}^{2}}+8b+18=(2-2)g(2)+2b$
$24-36+8b+18=2b\Leftrightarrow b=-1$
$f(x) = 3x^3-9x^2+4bx+18=(x-2)g(x)+2b$
$f(-2)=3{{(-2)}^{3}}-9{{(-2)}^{2}}+4(-1)(-2)+18=(-2-2)g(-2)+2(-1)$
$-24-36+8+18=-4.g(-2)-2$
$-32=-4.g(-2)$
$8=g(-2)$
Kunci: C

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 8
Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN  Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2017 Kode 106
Diketahui suatu bundar kecil dengan radius $3\sqrt{2}$ melalui sentra bundar besar yang memiliki radius 6. Ruas garis yang menghubungkan dua titik potong bundar merupakan diameter dari bundar kecil, menyerupai pada gambar Luas tempat irisan kedua bundar yaitu …
A. $18\pi+18$
B. $18\pi-18$
C. $14\pi+14$
D. $14\pi-15$
E. $10\pi+10$
Pembahasan:
Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN  Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2017 Kode 106
P yaitu titik sentra bundar berjari-jari 6
Q yaitu titik sentra bundar berjari-jari $3\sqrt2$
PB = PA = 6 = R
QP = QA = QB = $3\sqrt2$ = r
AB = diameter bundar kecil = $6\sqrt{2}$
Perhatikan segitiga APB, ukurannya AP = 6, BP = 6, dan AB = $6\sqrt{2}$, terang bahwa segitiga APB yaitu segitiga siku-siku di titik P.
Luas tembereng bundar besar = $\frac{1}{4}$ x Luas bundar besar – Luas segitiga APB.
Luas arsiran $=\frac{1}{2}$ x Luas bundar kecil + Luas tembereng bundar besar.
$=\frac{1}{2}\times \pi {{r}^{2}}+[\frac{1}{4}\times \pi {{R}^{2}}-\frac{1}{2}\times AP\times BP]$
$=\frac{1}{2}\times \pi {{(3\sqrt{2})}^{2}}+[\frac{1}{4}\times \pi {{.6}^{2}}-\frac{1}{2}\times 6\times 6]$
$=9\pi +9\pi -18$
$=18\pi -18$
Kunci: B

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 9
Jika $\int\limits_{-4}^{4}{f(x)(\sin x+1)dx}=8$, dengan $f(x)$ fungsi genap dan $\int\limits_{-2}^{4}{f(x)dx}=4$ , maka $\int\limits_{-2}^{0}{f(x)dx}$ = …
A. 0        B. 1        C. 2        D. 3        E. 4
Pembahasan:
Karena $f(x)$ fungsi genap dan $\sin x$ fungsi ganjil maka $f(x).\sin x$ merupakan fungsi ganjil, sehingga $\int_{-4}^4 f(x).\sin x \ dx=0$ dan alasannya yaitu $f(x)$ fungsi genap maka $\int_{-4}^{4} f(x) \ dx = 2\int_{0}^{4} f(x) \ dx$, sehingga diperoleh:
$\begin{align}\int_{-4}^4 f(x)(\sin x + 1) \ dx &= 8\\ \int_{-4}^4 f(x) \sin x \ dx + \int_{-4}^4 f(x) \ dx &= 8\\ 0 + 2.\int_{0}^{4} f(x) \ dx &= 8\\ \int_{0}^{4} f(x) \ dx &= 4\\ \end{align}$
Maka:
$\begin{align}\int_{-2}^{4} f(x) \ dx &= 4\\ \int_{-2}^{0} f(x) \ dx + \int_{0}^{4} f(x) \ dx &= 4\\ \int_{-2}^{0} f(x) \ dx + 0 &= 4\\ \int_{-2}^{0} f(x) \ dx &= 4 \end{align}$
Kunci: E

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 10
$\underset{x\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{\sec x+\cos x-2}{{{x}^{2}}{{\sin }^{2}}x}$ = …
A. $-\frac{1}{8}$
B. $-\frac{1}{4}$
C. 0
D. $\frac{1}{4}$
E. $\frac{1}{8}$
Pembahasan:
$\underset{x\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{\sec x+\cos x-2}{{{x}^{2}}{{\sin }^{2}}x}$
$=\underset{x\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{\frac{1}{\cos x}+\cos x-2}{{{x}^{2}}{{\sin }^{2}}x}$
$=\underset{x\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{1+{{\cos }^{2}}x-2\cos x}{{{x}^{2}}{{\sin }^{2}}x.\cos x}$
$=\underset{x\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{{{\cos }^{2}}x-2\cos x+1}{{{x}^{2}}{{\sin }^{2}}x.\cos x}$
$=\underset{x\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{{{(\cos x-1)}^{2}}}{{{x}^{2}}{{\sin }^{2}}x.\cos x}$
$=\underset{x\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{{{(-2.si{{n}^{2}}\frac{1}{2}x)}^{2}}}{{{x}^{2}}{{\sin }^{2}}x}.\underset{x\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{1}{\cos x}$
$={{\left( \underset{x\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{-2.si{{n}^{2}}\frac{1}{2}x}{x.\sin x} \right)}^{2}}.1$
$={{\left( -2.\frac{1}{2}.\frac{1}{2} \right)}^{2}}.1$
$=\frac{1}{4}$
Kunci: D


SBMPTN 2017 Kode 106 No. 11
$\underset{x\to \infty }{\mathop{\lim }}\,\frac{{{x}^{4}}\sin \left( \frac{1}{x} \right)+{{x}^{2}}}{1+{{x}^{3}}}$ = …
A. tidak ada limitnya
B. 0
C. 1
D. $-\infty $
E. $\infty $
Pembahasan:
Misal: $y = \frac{1}{x}$
$\underset{x\to \infty }{\mathop{\lim }}\,\frac{{{x}^{4}}\sin \left( \frac{1}{x} \right)+{{x}^{2}}}{1+{{x}^{3}}}$
$=\underset{y\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{\frac{1}{{{y}^{4}}}\sin y+\frac{1}{{{y}^{2}}}}{1+\frac{1}{{{y}^{3}}}}$
$=\underset{y\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{\frac{\sin y+{{y}^{2}}}{{{y}^{4}}}}{\frac{{{y}^{3}}+1}{{{y}^{3}}}}$
$=\underset{y\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{\sin y+{{y}^{2}}}{y({{y}^{3}}+1)}$
$=\underset{y\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{\sin y+{{y}^{2}}}{y}.\underset{y\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{1}{{{y}^{3}}+1}$
$=\underset{y\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{\sin y}{y}.\underset{y\to 0}{\mathop{\lim }}\,y.\underset{y\to 0}{\mathop{\lim }}\,\frac{1}{{{y}^{3}}+1}$
$=1.0.1$
$=0$
Kunci: B

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 12
Diberikan dua fungsi rasional $y=\frac{3{{x}^{2}}-3x+7}{{{x}^{2}}-5x+4}$ dan $y=\frac{a{{x}^{2}}-3x+2}{b{{x}^{2}}+2x-3}$ , $a > 0$. Jika diketahui kedua kurva memiliki sebuah asimtot tegak yang sama dan asimtot datar keduanya berjarak 4 satuan, maka $a$ = …
A. 2        B. 3        C. 5       D. 6       E. 7
Pembahasan:
$y=\frac{3{{x}^{2}}-3x+7}{{{x}^{2}}-5x+4}$ maka asimtot datar: $y = 3$
$y=\frac{a{{x}^{2}}-3x+2}{b{{x}^{2}}+2x-3}$ maka asimtot datar: $y = \frac{a}{b}$
Jarak kedua asimtot datar = 4
$\left| \frac{a}{b}-3 \right|=4$
$y=\frac{3{{x}^{2}}-3x+7}{{{x}^{2}}-5x+4}$ maka asimtot tegak $x^2-5x+4=0 \leftrightarrow (x-1)(x-4)=0$, jadi asimtot tegaknya $x=1$ atau $x=4$
$y=\frac{a{{x}^{2}}-3x+2}{b{{x}^{2}}+2x-3}$ maka asimtot tegak $bx^2+2x-3=0$
Karena salah satu asimtot tegaknya sama maka:
1) $bx^2+2x-3$ habis dibagi $(x-1)$ diperoleh $b=1$
2) $bx^2+2x-3$ habis dibagi $(x-4)$ diperoleh $b=\frac{-5}{16}$
Pilih $b=1$, maka:
$\left| \frac{a}{b}-3 \right|=4$
$\left| \frac{a}{1}-3 \right|=4$
$\left| a-3 \right|=4$
$a-3=-4 \rightarrow a = -1$
$a-3=4 \rightarrow a = 7$
Kunci: E

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 13
Misalkan $f(x)=\sin (\sin ^{2}x)$ , maka $f'(x)$ = …
A. $2\sin x. \cos (\sin ^{2}x)$
B. $2\sin 2x. \cos (\sin ^{2}x)$
C. $\sin ^{2}x. \cos (\sin ^{2}x)$
D. $\sin ^{2}2x. \cos (\sin ^{2}x)$
E. $\sin 2x. \cos (sin^{2}x)$
Pembahasan:
$y=\sin (\sin ^{2}x)$
Misal: $u = \sin ^2x \leftrightarrow \frac{du}{dx} = 2\sin x \cos x$.
$y = \sin u \leftrightarrow \frac{dy}{du} = \cos u$
$f'(x)=\frac{dy}{dx}=\frac{dy}{du}.\frac{du}{dx}$
$=\cos u.2\sin x \cos x$
$=\cos (\sin ^{2}x).2 \sin x \cos x$
$=\cos (\sin ^{2}x). \sin 2x$
$=\sin 2x. \cos (\sin ^{2}x)$
Kunci: E

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 14
Garis singgung dari $f(x)=\frac{1}{{{x}^{2}}\cos x}$ dititik $x = \pi$ memotong garis $y=x+c$ di titik $(\pi,0)$. Nilai $c$ yaitu …
A. $-\frac{1}{4}\pi $
B. $-\frac{1}{2}\pi $
C. $-\pi$
D. $\frac{1}{4}\pi$
E. $\pi$
Pembahasan:
Perhatikan “memotong garis $y=x+c$ di titik $(\pi,0)$”, berarti substitusi $x = \pi$ dan $y=0$, maka diperoleh:
$y=x+c$
$0=\pi + c$
$c=-\pi$
Kunci: C

SBMPTN 2017 Kode 106 No. 15
Di dalam kotak I terdapat 12 bola putih dan 3 bola merah. Di dalam kotak II terdapat 4 bola putih dan 4 bola merah. Jika dari kotak I dan kotak II masing-masing diambil 2 bola satu per satu dengan pengembalian, maka peluang yang terambil 1 bola merah yaitu …
A. 0,04        B. 0,10        C. 0,16        D. 0,32        E. 0,40
Pembahasan:
M = peluang terambil 1 bola merah
P = peluang terambil 1 bola putih
Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN  Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2017 Kode 106
Kunci: E

Jika ingin Filenya dalam Bentuk Pdf
Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN  Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2017 Kode 106

Motto: #Berbagi_Itu_Indah

0 Response to "Soal Dan Pembahasan Matematika Ipa Sbmptn 2017 Arahan 106"

Post a Comment