Strategi Pembelajaran Matematika

Interaksi di dalam kelas

Pada hakekatnya berguru matematika yakni berfikir dan berbuat atau mengerjakan matematika.Di sinilah makna dari taktik pembelajaran matematika yakni taktik pembelajaran aktif,yang di tandai oleh dua faktor.

  1. Interaksi antara seluruh komponen dalam proses berguru mengajar, diantaranya antara dua komponen utama yaitu guru dan siswa
  2. Berfungsinya secara optimal yang mencakup indra , emosi, karsa, karya, dan nalar. Hal itu sanggup berlangsung antara lain kalau proses itu melibatkan aspek visual, audio, maupun teks ( Anderson, 1981 ).

Pembelajran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, Untuk memperoleh hasil berguru ,salah satu pendekatan umum yang sanggup dipakai yakni pendekatan PAKEM ( Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenagkan). Secara ringkas PAKEM sanggup diungkapkan sebagai berikut :


 Dari segi guru

A = Aktif , guru aktif :
  • Memantau acara berguru siswa
  • Memberi umpan balik
  • Mengajukan pertanyaan yang menantang
  • Mempertanyakan gagasan siswa


K = kreatif, guru :
  •  Mengembangkan acara yang beragam
  • Membuat alat Bantu berguru sederhana


E = Efektif, pembelajaran :

  • Mencapai tujuan pembelajaran


M = Menyenagkan , pembelajaran :

•    Tidak menciptakan anak takut
  • Takut salah
  • Takut ditertawakan
  • Takut dianggap sepele



Dari segi siswa

A = Aktif , siswa aktif :
  • Bertanya
  • Mengemukan gagasan
  • Mempertanyakan gagasan orang lain dan gagasannya.


K = kreatif, siswa :
  • Merancang atau menciptakan sesuatu
  • Menulis atau mengarang


E = Efektif, siswa :

  • Menguasai keterampilan yang di perlukan 


M = Menyenagkan pembelajaran menciptakan siswa :
  •  Berani mencoba / berbuat
  • Barani bertanya
  • Berani mengemukan pendapat 
  • Berani mempertanyakan gagasan orang lain



Beberapa teknik penyajian materi asuh matematika

Peningkatan optimalisasinya komunikasi antara lain dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menguasai aneka macam teknik dalm pembelajaran yang menyatu dalam setiap metode. Berikut ini diuraikan beberapa teknik untuk meningkatkan efektiftifitas pembelajaran.



 Teknik menjelaskan

Menjelaskan merupakan salah satu bab penting dalam proses acara berguru mengajar . alasannya itu tekni ini sangat perlu dikuasai guru, namun dengan guru senantiasa membatasi diri biar tidak terjebak ceramah murni yang menghilangkan peranan siswa kecuali hanya mendengarkan atau bahkan hanya mendengar yang di kemukakan guru. Beberapa hal yang penting yakni :

  1. Gunakan bahasa yang sederhana, jelas, dan gampang dimengerti serta komunikatif
  2. Ucapan hendaknya terdengar dengan jelas, lengkap, tertentu, dan dengan intonasi yang tepat
  3. Bahan disiapkan dengan sistematis mengarah ke tujuan
  4.   Penampilan hendaknya menarik, diselingi, dengan gerak dan humor sehat
  5. Adakan variasi atau selingan dengan metode lain, contohnya Tanya jawab, memakai alat Bantu menyerupai lembar peraga (chart)


Teknik bertanya

Ada pepetah dalam pembelajaran : “ Questioning is the heart of the teaching”, artinya pertanyaan yakni jantungnya pengajaran. Kalu demikian, ppengajaran tanpa bertanya, yakni pengajaran yang gersang. Untuk memakai Tanya jawab, perlu tujuan mengajukan pertanyaan, jenis dan tingkat pertanyaan, serta teknik mengajukanpertanyaan.

 
Tujuan mengajukan pertanyaan antara lain untuk :

1)    Memotivasi siswa
2)    Menyegarkan apresiaisi siswa
3)    Memulai diskusi
4)    Mendorong siswa biar berfikir
5)    Mengarahkan perhatian siswa
6)    Meggalakkan penyelidikan
7)    Mendiagnosis / mengusut jawaban siswa
8)    Menarik perhatian siswa
9)    Mengundang pertanyaan siswa

0 Response to "Strategi Pembelajaran Matematika"

Post a Comment