Pengertian Soal Hots Dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (Sd/Smp/Sma/Smk) Lengkap Dengan Jawaban


Soal Hots - Penyempurnaan K13 kurikulum 2013 antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta pendalaman dan ekspansi materi yang relevan bagi penerima didik serta diperkaya dengan kebutuhan penerima didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional. Penyempurnaan lainnya juga dilakukan pada standar penilaian, dengan memberi ruang pada pengembangan instrument penilaian yang mengukur berfikir tingkat tinggi. Penilaian hasil mencar ilmu diharapkan sanggup membantu penerima didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), sebab berpikir tingkat tinggi sanggup mendorong penerima didik untuk berpikir secara luas dan mendalam perihal materi pelajaran.
 antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta p Pengertian Soal Hots dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban

Selama ini sebagian besar guru SD target kurikulum 2013 cenderung masih mengukur kemampuan berpikir tingkat rendah (Lower Order Thinking Skills/LOTS) dan soal-soal yang dibentuk tidak kontekstual. Soal-soal yang disusun oleh guru umumnya mengukur keterampilan mengingat (recall). Bila dilihat dari konteksnya sebagian besar memakai konteks di dalam kelas dan sangat teoretis, serta jarang memakai konteks di luar kelas. Sehingga tidak menunjukkan keterkaitan antara pengetahuan yang diperoleh dalam pembelajaran dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, hasil studi internasional Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan prestasi literasi membaca (reading literacy), literasi matematika (mathematical literacy), dan literasi sains (scientific literacy) yang dicapai penerima didik Indonesia sangat rendah. Pada umumnya kemampuan penerima didik Indonesia sangat rendah dalam: (1) memahami informasi yang kompleks; (2) teori, analisis, dan pemecahan masalah; (3) pemakaian alat, mekanisme dan pemecahan masalah; dan (4) melaksanakan investigasi.

Kemampuan guru SD dalam menyebarkan instrument penilaian berpikir tingkat tinggi perlu ditingkatkan.  Instrumen penilaian yang dikembangkan oleh guru diharapkan sanggup mendorong peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi, meningkatkan kreativitas, dan membangun kemandirian penerima didik untuk menuntaskan problem nyata dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu Direktorat Pembinaan SD menyusun Modul Penyusunan Soal HOTS bagi guru SD.

A. Pengertian
Soal-soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang dipakai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melaksanakan pengolahan (recite). Soal-soal HOTS pada konteks asesmen mengukur kemampuan: 1) transfer satu konsep ke konsep lainnya, 2) memproses dan menerapkan informasi, 3) mencari kaitan dari banyak sekali informasi yang berbeda-beda, 4) memakai informasi untuk menuntaskan masalah, dan 5) menelaah inspirasi dan informasi secara kritis. Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal recall.

Dilihat dari dimensi pengetahuan, umumnya soal HOTS mengukur dimensi metakognitif, tidak sekadar mengukur dimensi faktual, konseptual, atau prosedural saja. Dimensi metakognitif menggambarkan kemampuan menghubungkan beberapa konsep yang berbeda, menginterpretasikan, memecahkan problem (problem solving), menentukan seni administrasi pemecahan masalah, menemukan (discovery) metode baru, berargumen (reasoning), dan mengambil keputusan yang tepat.

Dalam Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 perihal Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah dinyatakan secara eksplisit bahwa capaian pembelajaran (learning outcome) ranah pengetahuan mengikuti Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Lorin Anderson dan David Krathwohl (2001) terdiri atas kemampuan: mengetahui (knowing-C1), memahami (understanding-C2), menerapkan (aplying-C3), menganalisis (analyzing-C4), mengevaluasi (evaluating-C5), dan mengkreasi (creating-C6). Soal-soal HOTS pada umumnya mengukur kemampuan pada ranah menganalisis (analyzing-C4), mengevaluasi (evaluating-C5), dan mengkreasi (creating-C6). Pada pemilihan kata kerja operasional (KKO) untuk merumuskan indikator soal HOTS, hendaknya tidak terjebak pada pengelompokkan KKO. Sebagai teladan kata kerja “menentukan‟ pada Taksonomi Bloom ada pada ranah C2 dan C3.

Dalam konteks penulisan soal-soal HOTS, kata kerja “menentukan‟ bisa jadi ada pada ranah C5 (mengevaluasi) apabila untuk menentukan keputusan didahului dengan proses berpikir menganalisis informasi yang disajikan pada stimulus kemudian penerima didik diminta menentukan keputusan yang terbaik. Bahkan kata kerja “menentukan‟ bisa digolongkan C6 (mengkreasi) bila pertanyaan menuntut kemampuan menyusun seni administrasi pemecahan problem baru. Jadi, ranah kata kerja operasional (KKO) sangat dipengaruhi oleh proses berpikir apa yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.

Dimensi pengetahuan yang dinilai beserta misalnya tampak dalam Tabel 3.12 ini (Anderson, et.al., 2001).

Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban
Nah, sesudah anda membaca mengenai pengertian soal hots menyerupai yang tertulis diatas, berikut  Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban.

A.   Contoh Soal HOTS SD/MI

  1. Level Kognitif 1
Kompetensi Dasar :  Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 
Materi                        :  Pertumbuhan hewan
Kelas/Sem                :  IV/2
Indikator Soal          :  Siswa sanggup menentukan tahapan awal siklus hidup binatang tertentu
Level Kognitif           :  1 (mengingat-C1)

Soal : 
Tahapan pertumbuhan ayam dimulai dari ….
Kunci   :  telur
Skor     : 1 (jika benar) atau 0 (jika salah) 
Penjelasan:
Soal tersebut termasuk level kognitif 1 (mengingat-C1) sebab mengukur pengetahuan yang relevan dari ingatan.

Kompetensi Dasar:  Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 
Materi                   :  Pertumbuhan hewan
Kelas/Sem                :  IV/2
Indikator Soal       :  Disajikan tahapan siklus binatang secara acak, siswa sanggup mengurutkan tahapan siklus pertumbuhan binatang tersebut.
Level Kognitif      :  1 (memahami-C2)

Soal : 
Perhatikan gambar berikut!



Urutan pertumbuhan binatang pada gambar di atas yakni ….
A. (1), (2), (3), dan (4)
B.  (2), (3), (4), dan (1)
C.  (3), (1), (4), dan (2)
D.  (3), (1), (2), dan (4)
Kunci   : C.  (3), (1), (4), dan (2)
Skor     : 1 (jika benar) atau 0 (jika salah) 
Penjelasan:
                Soal tersebut termasuk level kognitif 1 (memahami-C2) sebab mengukur pemahaman siswa perihal konsep tertentu.

  1. Level Kognitif 2
Kompetensi Dasar:  Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 
Materi                   :  Pertumbuhan hewan
Kelas/Sem                :  IV/2
Indikator Soal       :  Disajikan dua gambar hewan, siswa sanggup membandingkan siklus hidup kedua binatang tersebut.
Level Kognitif      :  2 (menerapkan-C3)

Soal : 
Perhatikan gambar berikut!
                                               



Jelaskan tiga perbedaan siklus hidup dari kedua gambar tersebut!
Kunci  Jawaban dan Pedoman Penskoran:
Kunci Jawaban
Skor
•       Ayam bertelur sedangkan kucing melahirkan; dan/atau
•       ayam dari bertelur à anak ayam à ayam sampaumur à induk ayam sedangkan kucing dari melahirkan à anak kucing à kucing dewasa; dan/atau
•       Ayam mengalami perubahan bentuk berbeda-beda, sedangkan kucing tidak
Jika kosong atau balasan salah
0
Jika 1 balasan benar
1
Jika 2 balasan benar
2
Jika 3 balasan benar
3
Penjelasan:
Soal tersebut termasuk level kognitif 2 (menerapkan-C3) sebab siswa menerapkan pengetahuan dan pemahaman yang mereka miliki untuk membandingkan dua fenomena.

  1. Level Kognitif 3

Kompetensi Dasar   : Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 
Materi                                  :  Pertumbuhan hewan
Kelas/Sem                          :  IV/2
Indikator Soal         :  Disajikan siklus daur hidup binatang tertentu, siswa sanggup menyimpulkan kejadian yang akan terjadi kalau suatu fenomena acara insan mempengaruhi siklus tersebut.
Level Kognitif                     :  3 (menganalisis-C4)
Soal : 
Apa yang akan terjadi terhadap siklus pertumbuhan kupu-kupu apabila kebutuhan kain sutra meningkat dengan tajam?
Kunci : 

Kebutuhan kain sutra yang meningkat menjadikan kebutuhan ulat sutra meningkat sehingga menjadikan menurunnya jumlah populasi kepompong dan kupu-kupu. Lambat laun kupu-kupu bisa punah.
Contoh soal hots PJOK
 antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta p Pengertian Soal Hots dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban

Contoh Soal HOTS SMP

 antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta p Pengertian Soal Hots dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban

Contoh Soal HOTS SMA
 
 antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta p Pengertian Soal Hots dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban
soal hots Sekolah Menengan Atas Kimia

 
 antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta p Pengertian Soal Hots dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban
soal hots Sekolah Menengan Atas Ekonomi

 antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta p Pengertian Soal Hots dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban
soal Hots Sekolah Menengan Atas Sosiologi
 
 antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta p Pengertian Soal Hots dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban
soal hots Sekolah Menengan Atas Geografi

 antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta p Pengertian Soal Hots dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban
soal hots Sekolah Menengan Atas Fisika


 antara lain dilakukan pada standar isi yaitu mengurangi materi yang tidak relevan serta p Pengertian Soal Hots dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban

Contoh Soal HOTS SMK
Selengkapnya silahkan anda download disini

Kata kunci paling banyak dicari:

contoh soal hots sd kelas 1



contoh soal hots ipa sd kelas 5



contoh soal hots sd kelas 6



contoh soal hots sd kelas 5



contoh soal hots matematika sd kelas 6



contoh soal hots untuk kelas 3 sd



contoh soal hots ipa sd pilihan ganda



contoh soal hots ipa sd kls 4



contoh soal hots ips sd kelas 4



download kumpulan soal hots matematika smp

contoh soal hots matematika smp pdf

contoh soal hots matematika pdf

soal hots matematika smp kelas 9

contoh soal hots un smp

kumpulan soal hots un matematika smp

contoh soal hots matematika sma pdf

soal hots matematika smp kelas 7


contoh soal hots bahasa indonesia
contoh soal hots matematika pdf
contoh soal hots unbk
contoh soal hots matematika sma pdf
contoh soal hots smk
contoh soal hots matematika sd kelas 6
contoh soal hots matematika sd pdf
contoh soal hots sbmptn

 


contoh soal hots sma

contoh soal hots smk

contoh soal hots matematika pdf

contoh soal hots ekonomi

contoh soal hots sbmptn

karakteristik soal hots

contoh soal hots sejarah

contoh soal hots unbk


Demikian yang terbaru terkait dengan Pengertian Soal Hots dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (SD/SMP/SMA/SMK) lengkap dengan jawaban

0 Response to "Pengertian Soal Hots Dan Kumpulan Soal Hots Tematik Kurikulum 2013 (Sd/Smp/Sma/Smk) Lengkap Dengan Jawaban"

Post a Comment