Makalah Pelatihan BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pada kala yang menggelobal ini, sangat-sangat diharapkan adanya pembinaan (training) yang professional, lantaran pada tahun 2003 menuntut bangsa Indonesia untuk siap menghadapi pasar bebas (pasar global) lantaran itu pembinaan (training) sangat penting pada dunia pendidikan (suatu lembaga) lantaran melalui kemajuan
Pendidikan (baik dasar, menengah dan akademi tinggi) akan meningkatkan kesiapan bangsa Indonesia untuk menghadapi dunia global. Karena pada pasar global tidak mengandalkan kekuatan modal dan teknologi saja, tetapi juga kebudayaan bangsa (Mangkungara, 2003 : 25).
Pendidikan (baik dasar, menengah dan akademi tinggi) akan meningkatkan kesiapan bangsa Indonesia untuk menghadapi dunia global. Karena pada pasar global tidak mengandalkan kekuatan modal dan teknologi saja, tetapi juga kebudayaan bangsa (Mangkungara, 2003 : 25).
Oleh lantaran itu untuk mempersiapkan dan mengantisikasi kondisi yang aman semoga di kala globalisasi ini bisa membangkitkan kembali perekonomian dan pendidikan
2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka problem yang diajukan dalam makalah ini yaitu : bagaimana inplementasi atau pelatihan-pelatihan dijalankan untuk meningkatkan sumber daya insan di SMPN Darul Hikmah Pagutan
3. Metode
Metode yang dipakai penulis dalam menyusun penelitian yaitu analisis diskriptif menurut hasil wawancara dengan pihak lembaga.
4. Sumber data
Wawancara eksklusif dengan pihak forum menyerupai :
a. Kepala Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah : Sajudin, S.Pd
b. Wakil Kepala Sekolah : H. aLKAN Abdul Munir, S.Pd
c. Waka kurikulum : Khairudin, SP
d. Tata Usaha : Maimunah
BAB II
DISKRIPSI KERANGKA TEORI
DISKRIPSI KERANGKA TEORI
A. Kerangka Teori
Dalam mencapai tujuannya Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah Pagutan membutuhkan sumber daya insan yang kemudian ditetapkan pada posisi-posisi tertentu yang saling terintegrasi antara yang satu dengan yang lainnya.
- Menurut Bale Yoder (2003 : 49) pembinaan merupakan untuk pegawai dan pengawas
- Wexley dan Yurki (1976 : 282) pembinaan merupakan “usaha berencana, yang diselenggarakan untuk mencapai penguasaan skill, pengetahuan, dan sikap-sikap pegawai atau anggota organisasi. Dan pembinaan dimaksudkan untuk pegawai atau anggota organisasi. Dan pembinaan dimaksudkan untuk pegawai pada tingkat bawah (pelaksana) sedangkan dari uraian pengertian di atas maka sanggup disimpulkan bahwa pelatihan.
- Adrew E. Sikulo (1981 : 227) mengemukakan bahwa pembinaan merupakan “suatu proses pendidikan jangka pendek. Yang mempergunakan pengetahuan sistematis dan terorganisasi dan teknis dalam tujuan yang terbatas”. Dengan demikian istilah pembinaan ditujukan ada pegawai pelaksana (bawah) untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tehnis tenaga kerja.
Metode pembinaan yang pada umumnya
Hampir 90 % dari pengetahuan pekerjaan diperoleh melalui :
1. Metode on the job training. Metode ini informat observasi sederhana dan gampang serta praktis. Dapat digaris bawahi, pegawai di sini mempelajari pekerjaanya dengan mengamati pekerja lain yang sedang bekerja, dan kemudian mengobservasi perilakunya.
Contoh : Pegawai senior memperlihatkan pola cara mengerjakan pekerjaan dan pegawai gres memperhatikannya.
2. Metode demonstrasi
Contoh : pengajaran operasional mekanik, korelasi interpersonal
3. Metode Training Oppetniceship
Training Oppetniceship merupakan suatu cara untuk membuatkan keterampilan (skill) pengerajin atau pertukangan. Metode ini di dasarkan pula pada on the job training dan tidak mempunyai standar format penerima training mendapat bimbingan umum dan sanggup eksklusif mengerjakan pekerjaanya.
4. Metode training ruang kelas
Training ruang kelas merupakan metode yang dipakai di ruang kelas atau ruang pekerjaan. Contoh konferensi di dalam forum sekolah SMPN Darul Hikmah ini memakai training ruang kelas, kerena biasanya metode ruang kelas lebih gampang terjangkau dan lebih praktis.
Profil Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah Pagutan
Sebelum menguraikan bagaimana implementasi dalam pembinaan dalam menelaah SDM SMPN Darul Hikmah Pagutan, hal ini lantaran Sekolah Menengah Pertama ini lebih condong menyerupai MTs dimaksudkan untuk memperlihatkan situasi yang fokus sehingga pembahasan menjadi objektif dan menurut kondisi Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah didirikan di karang Genteng Pagutan Mataram.
Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah Pagutan mempunyai visi dan misi sebagai berikut :
a. Visi
Cerdas, terampil dan berakhlakul karimah
b. Misi
- Mengembangkan IPTEK berlandaskan Imtaq
- Meningkatkan mutu pelayanan pendidikan dan pembelajaran
- Penerapan administrasi yang kasatmata dan pengimplementasinya dengan terkait seluruh pihak yang terkait dengan lembaga
c. Dasar Pendidikan
Dasar pembinaan ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kualitas dari pada sumber daya guru, semoga sanggup menghasilkan output yang terjamin kuantiatas dan kualitasnya dan pendidikan skill-skill mereka
d. Maksud dan tujuan pelatihan
1. Maksud
Program pembinaan ini (dalam jangka berkala) Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah Pagutan tahun fatwa 2008/2009 ini dimaksud pengembangan skill, dan cara implementasi dalam forum tersebut.
2. Tujuan
- Untuk meningkatkan keprofesional orang-orang yang terkait dalam lembaga
- Untuk meningkatkan pengembangan proses mencar ilmu mengajar
- Meningkatkan penghargaan jiwa dan ideologi
- Meningkatkan produktivitas kerja
- Meningkatkan kualitas kerja
- Meningkatkan ketetapan perencanaan SDM
- Meningkatkan sikap moral dan semangat kerja
- Meningkatkan rangsangan semoga pegawai bisa berprestasi secara maksimal
- Meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja
- Menghindari kesenjangan (obsolesecence)
- Meningkatkan perkembangan pribadi pegawai
Setelah kami analisa dari tujuan-tujuan yang seharusnya sanggup di capai sesuai dengan pembagasan di atas, di sini kami menemukan bahwa impelmentasi dari pelatihan-pelatihan yang di jalankan oleh forum tersebut, hanya beberapa tujuan yang sanggup di capai, menyerupai yang seharusnya di atas. Sebagai mana tujuan yang telah sanggup dijadikan sesuai dengan pelatiannya yaitu:
- Dapat meningkatkan keprofesional orang yang terkait dalam lembaga
- Meningkatkan sikap moral dan semangat kerja
- Meningkatkan proses mencar ilmu megnajar
- Meningkatkan perkembangan pribadi pegawai
Dari hasil survei yang kami lakukan hanya ini klarifikasi yang kami dapatkan sesuai dengan tujuan yang telah dicapai dalam pengadaan pelatihan
e. Sasaran
Yang menjadi target dalam pelaksanaan pelatihan, disini yaitu instansi yang terkait dan adanya pembinaan (dari para guru ke para murid)
Program-Program yang dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah Pagutan
Program-program ini mencakup 2 bentuk :
1. Program untuk guru
Dimana program-program ini mencakup 2 bentuk secara umumnya :
- Program guru teladan (rewordnya) : program, uang, sertifikat, dan lain-lain
- Program guru yang berhasil memajukan tingkat keberhasilan anak didik.
2. Program Untuk Siswa
Ada beberapa jadwal yang dijalankan untuk siswa diantaranya lantaran sekolah ini lebih cenderung menyerupai MTs. Oleh alasannya itu di samping bangunan sekolah juga ada bangunan untuk siswa/siswi yang ingin mondok. Karena itu ada beberapa jadwal antara lain :
a. Program harian
Program harian ini yaitu acara yang dilaksanakan setiap hari menyerupai : Do’a bersama di lapangan sebelum masuk kelas. Setiap malam menyerupai : adanya pengajian-pengajian kitab atau ilmu nahu dan ilmu-ilmu agama yang lain yang menunjang wacana pengetahuan agama.
b. Program mingguan
Program mingguan yang dijalankan Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah Pagutan yaitu sebagai berikut :
- Apel setiap hari senin, dilanjutkan dengan pembinaan pidato untuk siswa dalam 3 bahasa, Bahasa Indonesia Arab, Inggris di depan semua penerima apel sebelum dibubarkan.
- Lomba kebersihan antar kelas
c. Program Bulanan
Siswa melakukan kegiatan mukhadarah atau obrolan dengan kepala sekolah wacana pelaksanaan itu. Proses mencar ilmu mengajar dalam satu bulan
d. Program tahunan
Program tahunan biasanya untuk siswa kelas 3 Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah Pagutan ini yaitu perpisahan dan pergi rekreasi ke pantai atau daerah wisata lainnya dan program-program latihan yang lainnya yang akan dibahas pada halam selanjutnya
Jenis-jenis Pelatihan
1. Pelatihan untuk guru
Di sini pembinaan untuk guru ada 3 tahap, yaitu :
a. Pelatihan tri wulan : dimana adanya pembinaan MGMP
b. Pelatihan per 6 bulan : pembinaan RPD (Subrayon) di Sekolah Menengah Pertama 7
c. Pelatihan tahunan : pembentukan supervisi guru
Dampak dari pelatian MGMP, RPD dan Supervisi guru
- Meningkatkan kualitas kerja
- Dapat meningkatkan produktivitas kerja
- Dapat memperlihatkan sikap moral dan semangat kerja
- Dapat meningaktkan pengetahuan dan keterampilan para guru
- Dapat memperlihatkan donasi yang positif.
2. Pelatihan untuk siswa
a. Pelatihan kasidah
b. Pelatihan drum band
c. Pelatihan MTQ
d. Pelatihan tahfiz, kitab
e. Pelatihan beladiri
f. Pelatihan untuk pengurus osis
g. Pelatihan kelompok mencar ilmu
Cara Mensinergiskan Program dan Pelatihan Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah Pagutan
Sebagaimana telah dijelaskan sebegitu banyaknya program. Program untuk siswa, dimana jadwal tersebut yang telah dari dulu berlaku hingga menjadi suatu kebiasaan/kebudayaan dari Sekolah Menengah Pertama tersebut sehingga disini para guru tidak lagi harus memerintahkan atau menyuruh akan tetapi jadwal tersebut sudah tumbuh di hati mereka menjadi suatu kebiasaan yang akan menunjang mereka, akan tetapi pihak lembagapun mengantisipasi bila adannya kejenuhan dari pada siswa diantaranya :
- Dengan adanya jadwal dan pembinaan tersebut pihak forum memperlihatkan aba-aba bahwa semua jadwal tersebut akan mengakibatkan mereka berprestasi dalam pelajaran namun dari luarnya dan akan membuat rasa disiplin pada siswa.
- Menjadikan jadwal dan pembinaan tersebut menjadi ajang kemenangan dan permainan
- Membuat jadwal dan pembinaan tersebut menjadi sebuah tradisi sehingga mereka tidak merasa bahwa itu menjadi sebuah peranan yang akan menekan mereka.
Manfaat Program / Pelatihan yang Dilaksanakan
Adapun manfaat untuk siswa :
- Dengan adanya jadwal dan pembinaan tersebut maka sanggup meningkatkan kualitas daripad siswa
- Dapat mengajarkan siswa berlaku disiplin dan sanggup mempergunakan waktu luangnya untuk hal-hal yang bermanfaat.
- Melatih siswa semoga tidak hanya berprestasi di bidang akamik saja tetapi di luar pelajaran menyerupai : kegiatan-kegiatan extra yang dibahas sebelumnya
- Dapat menumbuhkan daya kreatifitas siswa
- Dapat membuatkan talenta dan minat yang ada pada siswa.
- Dapat menumbuhkan rasa kebersamaan di antara siswa semoga interaksi siswa menjadi lebih kondusip.
Manfaat untuk guru :
- Dengan adanya jadwal terebut maka guru-guru akan lebih disiplin waktu dan sanggup berjuang bagaimana guru itu mengatur proses mencar ilmu mengajar supaya berjalan lancar dan siswa cepat tanggap
- Dengan adanya pembinaan yang dilakukan di forum maka sanggup meningkatkan kualitas guru yakni : pengalaman, keterampilan, pengetahuan yang akan diajarkan pada anak didiknya.
- Dengan adanya pembinaan sanggup meningkatkan kuantitas, bagaimana guru seharusnya menghadapi siswanya baik style, performance, dan humanisme semoga sanggup diteladani siswanya.
Pengaruhnya : Dengan adanya jadwal dan pembinaan tersebut maka semua warga yang ada di dalam forum sanggup disiplin dalam berprestasi atau berkreasi tidak hanya di bidang pelajaran akan tetapi di bidang lain.
Kendala-kendala yang dihadapi
Kendala yang dihapadi dalam jadwal dan pembinaan untuk siswa:
- Adanya rasa malas dalam mengikuti program-program tersebut
- Kurang saran dan prasarana
Kendala untuk guru dalam pembinaan :
Kendala guru dalam melakukan pembinaan yakni : adanya unsur pribadi sehingga tidak sanggup mengikuti pelatihan.
Mengatasi Problem Tersebut
Cara mengatasi problem tersebut Bapak Kepala sekolah memperlihatkan sanksi-sanksi untuk mereka yang melanggarnya, dengan di panggil menghadap ke kepala sekolah untuk diberikan aba-aba dan peringatan.
Refleksi terhadap pembinaan yang dilakukan Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah
- Berdasarkan hasil survei bahwa adanya kemampuan kualitas dari para guru dalam meningkatkan proses mencar ilmu mengajar.
- Berdasarkan pernyataan siswa maupun pengamatan kita bahwa adanya sikap yang disiplin yang tumbuh dari mereka dan mereka bahagia bukan hanya jadwal dan pembinaan yang serius akan tetapi dijadikan sebuah arena permainan
- Program dan pembinaan tersebut sanggup membfentuk kepribadian fisik, dan jiwa yang kuat
- Dapat meningkatkan perencanaan administrasi yang telah di planning terlebih dahulu
Pemeliharaan Lingkungan Sekolah Melalui Beberapa Cara
- KeamananPenugasan penjaga malam
- Pemberian hukuman secara adil, tegas dan educatif yang melanggar tata tertib
- Pengarahan kepala sekoilah semua warga sekolah wacana pentingnya keamanan dan ketahanan sekolah
- Pembinaan disiplin kepada semua warga yang terkait
- Kebersihan
- Melaksanakan lomba kebersihan antar kelas
- Pemantaun piket komisari oleh ketua kelas
- Menyediakan keranjang pada setiap depan kelas
- Adanya petugas kebersihan yang memelihara lingkungan sekolah
- Adanya piket dalam membersihkan daerah ibadah untuk membantu petugas
3. Keindahan
- Untuk siswa yang gres masuk atau kelas satu, diperintahkan untuk membawa bunga, dimana bunga itu di jaga hingga mereka kelas 3, bilamana bunga mereka sakah satu dari mereka bunganya masih terawat dan subur hingga ia lulus, maka diber nilai yang paling baik dalam kesenian, salah satu cara memotivasi dalam bidang keindahan.
- Mengatur kerapian meja dan perlengkapan meja guru
- Perataan kelas dengan gambar-gambar yang patut diteladani (Gambar Pahlawan)
4. Kertetiban
- Pengisian mangkir siswa, mangkir guru dengan teratur
- Pemakaian seragam harus rapi dan sopan sesuai dengan ketentuan sekolah
- Pembinaan dan derma sansi pelaku yang melanggar tata tertib sekolah
Interaksi antara keluarga besar Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah
- Interaksi kepala sekolah dengan guru, menyerupai halnya keluarga
- Interaksi guru dengan guru menyerupai : halnya sobat degan sahabat
- Interaksi guru dengan siswa menyerupai : halanya dengan anak
- Siswa dengan siswa, menyerupai halnya bersaudara, ada kalanya bersenda gurau dan ada kalanya bertengkar
- Kepala sekolah dengan staf administras : menyerupai halnya yang berlaku pada guru-guru.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dengan keberadaanya MSDM maka akan sangat memungkinkan adanya kebiasaan seseorangan/lembaga dalam mengatur dirinya atau lembaganya. Karena adanya MSDM sangat membutuhkan pembinaan semoga mereka atau forum bisa lebih memperbaiki atau mengoreksi diri apabila ada penyimpangan sehabis adanya pelatihan.
Pelatihan merupakan bentuk awal dari perkembangan ke depan semoga dengan ini, kita akan lebih mengacu atau menjadi pedoman dalam mengimplementasikan apa yang di sanggup dari pembinaan tersebut.
B. Saran
Dengan terbentuknya makalah ini, maka dari itu makalah ini masih sangat banyak kekurangannya, lantaran itu kami mengharapkan kritik dan saran pembangun untuk makalah-makalah yang selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Oemar, 2005. Pengembangan SDM Manajemen Pelatihan Ketenaga kerjaan Pendekatan Terpadu, Jakarta : Bumi Aksara
Mangkunegara, 2003. Perencanaan dan Pengembangan SDM, Bandung : Rafika Aditama
0 Response to "Makalah Training Pengertian"
Post a Comment