Bank Soal Ut Ilmu Pemerintahan Semester 7 Dilengkapi Kunci Jawaban

Bank soal UT terbaru - Pada kesempatan kali ini admin akan memperlihatkan beberapa teladan soal ujian UT Non Pendas khususnya untuk semester 7 UT ilmu Pemerintahan.

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan Semester 7 lainnya:

  • Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4429 Manajemen Pelayanan Umum
  • Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4439 Perubahan Sosial dan Pembangunan
  • Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan ADPU4410 Kebijakan Publik
  • Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4434 Pembangunan Politik
  • Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4542 Pembangunan Masyarakat Desa dan Kota
  • Contoh Soal Ujian UT TAP (Tugas Akhir Program) IPEM4500 Ilmu Pemerintahan
  • Contoh Karil (Karya Ilmiah) IPEM4560 UT Ilmu Pemerintahan
Pada kesempatan kali ini admin akan memperlihatkan beberapa teladan soal ujian UT Non Pendas kh Bank Soal UT Ilmu Pemerintahan Semester 7 dilengkapi Kunci Jawaban

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4542

1. Konsep pembangunan yang sesuai dengan GBHN adalah....
a. rangkaian upaya perubahan dalam semua aspek kehidupan bangsa untuk mencapai kesejahteraan masyarakat
b. upaya perubahan di bidang ekonomi, sosial, dan politik dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat
c. melaksanakan acara kegiatan di bidang material dan spiritual dalam rangka memajukan bangsa
d. upaya saling pundak membahu antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka pengentasan kemiskinan
Jawab:
a. benar

2. Koreksi oleh masyarakat terhadap suatu kebijakan publik yang dinilai tidak adil merupakan implikasi dari nilai-nilai pembangunan....
a. peningkatan kapasitas
b. pemerataan
c. pemberian kekuasaan dan wewenang yang lebih besar kepada rakyat
d. keadilan
Jawab:
c. benar

3. Teori pasca Ketergantungan intinya merupakan....
a. kelanjutan dari teori ketergantungan
b. reaksi atau teori yang menolak teori ketergantungan
c. penyempurnaan terhadap teori ketergantungan
d. teori ketergantungan modern
Jawab:
b. benar

4. Pendekatan pembangunan yang menekankan kepada pertumbuhan ekonomi ialah suatu model pembangunan yang berorientasi pada....
a. pemenuhan kebutuhan dasar
b. peningkatan kualitas hidup
c. pemerataan pendapatan
d. peningkatan produktivitas
Jawab:
d. benar

5. Menurut Budiman, mungkin saja suatu negara produktivitasnya tinggi dan pendapatan penduduknya merata, tetapi berada dalam proses menuju kemiskinan. Oleh lantaran itu untuk mengukur keberhasilan suatu negara perlu adanya indikator pembangunan yang lain yaitu....
a. keuangan
b. manusia
c. lingkungan
d. sosial budaya
Jawab:
b. benar

6. Ikut sertanya masyarakat dalam rapat LKMD merupakan teladan partisipasi masyarakat secara....
a. langsung
b. tidak langsung
c. kesadaran sendiri
d. gotong royong
Jawab:
a. benar

7. Hasil pembangunan masyarakat bertujuan untuk....
a. menolong pemerintah memperoleh sumber pendapatan
b. mempengaruhi publik biar memperlihatkan bunyi dalam pemilu
c. mempercepat REPELITA
d. mempertinggi kemampuan komunitas dalam menolong dirinya sendiri
Jawab:
d. benar

8. Bentuk partisipasi patron-klien antara pengusaha kayu olahan dengan pejabat pemerintahan dan pejabat POLRI di Propinsi Kalimantan Timur ialah partisipasi....
a. administratif
b. horisontal
c. vertikal
d. matriks
Jawab:
c. benar

9. Organisasi menyeluruh dari suatu kehidupan sosial di lingkungan sebuah daerah yang terbatas disebut ....
a. dusun
b. kampung
c. desa
d. negara
Jawab:
c. benar

10. Kesatuan hidup bersama yang terbangun atas dasar adanya wilayah atau tempat kehidupan bersama disebut
a. koneksitas
b. entitas
c. komunitas
d. aktivitas
Jawab:
c. benar

11. Salah satu cara untuk mengetahui desa dan masyarakatnya secara lebih baik ialah memahaminya sebagai sebuah ....
a. legalitas
b. identitas
c. entitas
d. komunitas
Jawab:
d. benar

12. Kekurangan jaringan sosial dan struktur yang sanggup mendukung perolehan kesempatan produktivitas meningkat, disebut ....
a. Kemiskinan Sosial
b. Kemiskinan Politik
c. Kemiskinan Ekonomi
d. Kemiskinan Struktural
Jawab:
a. benar

13. Michael P.Todaro seorang pakar pembangunan negara berkembang mengatakan, andaikata pembangunan akan dijadikan perjuangan untuk membuat kemandirian bangsa maka pembangunan harus dimulai dari ....
a. pedesaan
b. perkotaan
c. pinggiran
d. perbatasan
Jawab:
b. benar

14. Wujud kasatmata suatu lembaga kemasyarakatan ialah ....
a. institusi
b. asosiasi
c. organisasi
d. dinas
Jawab:
b. benar

15. Perserikatan yang dibuat untuk melindungi hak milik dan memperbanyak alat-alat produksi dan alat-alat yang dibutuhkan biar anggota masing-masing sanggup mempertahankan diri, merupakan pengertian dari ....
a. desa
b. kecamatan
c. kabupaten
d. kota
Jawab:
d. benar

16. Timbulnya kota-kota di Eropa dalam kala pertengahan disebabkan oleh kegiatan ....
a. perdagangan jarak jauh
b. perluasan kerajaan
c. politik praktis
d. arus urbanisasi
Jawab:
a. benar

17. Pengelompokkan kota Yogyakarta dan Malang sebagai kota pelajar, merupakan pengelompokkan kota berdasarkan ....
a. status administrasinya
b. strata sosial ekonomi
c. jumlah penduduknya
d. fungsinya
Jawab:
d. benar

18. Ilmu yang mempelajari mengenai korelasi individu dengan lingkungannya, disebut sebagai...
a. ekologi alam
b. ekologi manusia
c. ekologi sosial
d. ekologi lingkungan
Jawab:
b. benar

19. Kecenderungan lembaga dan jasa-jasa tertentu untuk bertempat di akrab pusat transportasi komunikasi terpenting, disebut ....
a. konsentrasi
b. sentralisasi
c. konsentrik
d. sentralistik
Jawab:
b. benar

20. Semakin padatnya daerah perkotaan membawa perkembangan gres bagi daerah pinggiran. Pertumbuhan tidak saja di sektor ekonomi, tetapi juga pembentukan kota mandiri, pembentukan kota satelit atau sejenisnya. Dalam hal ini urbanisasi seringkali diikuti dengan proses pembentukan kota, sehingga pengertian urbanisasi ini sesuai dengan pendapat....
a. revenstein
b. PJM. Nas
c. SV. Sethuraman
d. Michael P. Todaro
Jawab:
b. benar

21. Fenomena berikut ini yang termasuk dalam komponen utama pertumbuhan penduduk kota untuk reklasifikasi wilayah adalah....
a. pemekaran wilayah pedesaan
b. pembentukan pusat-pusat pertumbuhan baru
c. perluasan wilayah perkotaan
d. perpindahan ibukota kabupaten / kota
Jawab:
c. benar

22. Melalui pemahaman terhadap beberapa pengertian masyarakat, sanggup dikemukakan bahwa masyarakat kota mempunyai unsur-unsur ....
a. sejumlah orang, interaksi tinggi, kebudayaan, tradisional
b. sejumlah orang, interaksi renggang, keragaman budaya, lokalitas
c. sejumlah orang, keseragaman budaya, saling ketergantungan
d. sejumlah orang, interaksi timbal balik, budaya peniruan
Jawab:
b. benar

23. Teori ekonomi klasik dibangun atas dasar asumsi, bahwa cara yang sempurna untuk melaksanakan pembangunan ialah dengan mempertinggi ....
a. pertumbuhan ekonomi
b. stabilitas politik
c. pendapatan pajak
d. tingkat pendidikan
Jawab:
a. benar

24. Salah satu fungsi keluarga, yang berkaitan dengan fungsi menyebarkan dengan memberi kasih sayang kepada anggota keluarganya disebut fungsi ....
a. sosialisasi
b. afeksi
c. reproduksi
d. ekonomi
Jawab:
b. benar

25. Everett M. Rogrers dan F. Floyd Shoemaker memberi definisi perubahan sosial sebagai berikut ....
a. proses terjadi perubahan struktur dan fungsi suatu sistem sosial
b. proses yang memperlihatkan bahwa di dalam sistem sosial terdapat perbedaan
c. proses yang memperlihatkan pada modifikasi yang terjadi pada pola-pola kehidupan manusia
d. proses terjadinya perubahan struktur dan budaya di dalam masyarakat
Jawab:
a. benar

26. Pencetus pola sektoral ialah ....
a. RM. Hurd
b. LC. Hunt
c. Hoyt
d. Horton
Jawab:
c. benar

27. Salah satu efek sosial dari lingkungan fisik atas kehidupan insan lantaran kondisi perumahan yang jelek, ialah ....
a. jumlah kelahiran
b. jumlah kematian
c. jumlah perkawinan
d. jumlah migrasi
Jawab:
b. benar

28. Istilah lain yang bermakna sama dengan sektor informal adalah....
a. Sektor non formal
b. Sektor swasta
c. Industri kerumahtanggaan
d. Ekonomi bayangan
Jawab:
c. benar

29. Salah satu teladan pembangunan di bidang kependudukan yang menyangkut fertilitas ialah acara ....
a. wajib berguru 9 tahun
b. jaringan pengaman sosial
c. keluarga berencana
d. pengentasan kemiskinan
Jawab:
c. benar

30. Sasaran utama acara pembangunan perumahan dan pemukiman ditujukan kepada ....
a. lingkungan yang tidak tertata
b. lingkungan daerah perkotaan
c. masyarakat berpenghasilan rendah
d. masyarakat berpenghasilan tinggi
Jawab:
c. benar

31. Wanita biasanya lebih mencicipi kesulitan dibanding laki-laki bila tidak tersedia air higienis dan sarana persampahan yang memadai di suatu komunitas. Hal tersebut mencerminkan ....
a. partisipasi perempuan dibutuhkan dalam pembangunan
b. pemerintah tidak tanggap terhadap keinginan wanita
c. komunitas tersebut lebih mendahulukan kebutuhan pria
d. perempuan merupakan subordinat pria
Jawab:
a. benar

32. Bila fasilitas atau tubuh perjuangan pemerintah dijual kepada swasta untuk bersaing melalui tender pekerjaan, baik dalam bidang konstruksi maupun dalam bentuk jasa, maka hal tersebut termasuk lingkup ....
a. divisture
b. leasing
c. over kontak
d. pembagian pekerjaan
Jawab:
a. benar

33. Pelembagaan sistem pengelolaan pembangunan kota secara terpadu dilakukan melalui....
a. Bappenas
b. P3KT
c. Pemerintah Daerah
d. P3G
Jawab:
b. benar

34. Partisipasi perempuan dalam pembangunan didasari spirit persamaan hak antara laki-laki dan perempuan yang diinginkan oleh pembangunan masyarakat, alasannya pembangunan masyarakat identik dengan pembangunan martabat manusia
a. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT
b. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT
c. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH
d. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH
Jawab:
a. benar

35. Teori pembangunan masyarakat sebagai metode menekankan pada pengertian pembangunan sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu, alasannya salah satu metode yang dikenal dalam pembangunan masyarakat ialah teori partisipasi masyarakat
a. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT
b. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT
c. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH
d. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH
Jawab:
b. benar

36. Pembahasan wacana tipologi desa lebih bersifat ekonomis, alasannya tipologi desa ditentukan berdasarkan kegiatan perekonomian utama suatu desa.
a. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT
b. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT
c. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH
d. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH
Jawab:
a. benar

37. Suatu daerah/kota yang keadaan relief tanahnya datar akan lebih gampang dikembangkan dibandingkan dengan daerah/kota yang tanahnya berbukit-bukit, alasannya sebelum teknologi secanggih sekarang, kota-kota banyak muncul di daerah dataran rendah yang relief tanahnya lebih datar.
a. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT
b. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT
c. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH
d. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH
Jawab:
a. benar

38. Dilihat dari segi kecukupan dan elastisitasnya, retribusi intinya mempunyai sifat yang kurang responsif terhadap perubahan kegiatan perekonomian secara makro, alasannya hampir semua penetapan retribusi hanya didasarkan pada tarif per unit pelayanan yang besarnya relatif tetap.
a. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT
b. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT
c. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH
d. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH
Jawab:
a. benar

39. Menurut Dwight Sanderson, kuatnya kontrol sosial pada masyarakat pedesaan disebabkan lantaran ....
1)saling mengenal di antara sesama penduduk
2)anggota masyarakatnya mempunyai perjuangan atau jasa pekerjaan yang berbeda
3)adanya kekuatan kelompok kekerabatan yang besar
a. tanggapan 1 dan 2 benar
b. tanggapan 1 dan 3 benar
c. tanggapan 2 dan 3 benar
d. tanggapan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
c. benar

40. Beberapa faktor terpenting penyebab kerusakan lingkungan ....
1)pertumbuhan penduduk
2)penggunaan teknologi yang tidak sempurna
3)iklim yang berubah ekstrem
a. tanggapan 1 dan 2 benar
b. tanggapan 1 dan 3 benar
c. tanggapan 2 dan 3 benar
d. tanggapan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
a. benar

41. Perbedaan penentuan kriteria suatu kota antara satu daerah atau negara dengan daerah atau negara lainnya ialah sebagai akhir perbedaan ....
1)kepadatan penduduk
2)tingkat teknologi
3)budaya
a. tanggapan 1 dan 2 benar
b. tanggapan 1 dan 3 benar
c. tanggapan 2 dan 3 benar
d. tanggapan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
d. benar

42. Interpendensi antara kota dan desa secara garis besar sanggup dilihat dari interdependensi ….
1. lingkungan fisik
2. lingkungan politik
3. sosial ekonomi
a. tanggapan 1 dan 2 benar
b. tanggapan 1 dan 3 benar
c. tanggapan 2 dan 3 benar
d. tanggapan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
c. benar

43. Jakarta termasuk salah satu kota yang mengalami over urbanisasi. Berikut ini yang memperlihatkan dampak negatif kota yang mengalami over urbanisasi adalah….
1)kota menjadi daerah-daerah krisis
2)ketidakseimbangan dalam penyediaan infrastruktur dan sarana bagi kaum urban
3)kota tidak bisa menyediakan kesempatan kerja yang memadai untuk penduduk
a. tanggapan 1 dan 2 benar
b. tanggapan 1 dan 3 benar
c. tanggapan 2 dan 3 benar
d. tanggapan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
d. benar

44. Sejumlah ciri dari masyarakat kota, antara lain meliputi ….
1)irasional
2)terbuka
3)mandiri
a. tanggapan 1 dan 2 benar
b. tanggapan 1 dan 3 benar
c. tanggapan 2 dan 3 benar
d. tanggapan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
c. benar

45. Aspek yang perlu mendapat perhatian utama dalam menganalisis peranan lembaga dalam memperlihatkan pelayanan kepada masyarakat ialah aspek ....
1)struktur sosial ekonomi masyarakat
2)perhatian terhadap dimensi kognitif, perilaku, institusional
3)tingkat aksesibilitas pelayanan yang diterima
a. tanggapan 1 dan 2 benar
b. tanggapan 1 dan 3 benar
c. tanggapan 2 dan 3 benar
d. tanggapan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
d. benar

Selengkapnya silahkan download disini

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan ADPU4410

1. Kebijakan publik diartikan sebagai....
A. aspirasi dan tindakan elit politik dalam acara politiknya
B. semua tindakan negara
C. serangkaian tindakan yang dipilih pemerintah yang mempunyai dampak penting terhadap sejumlah besar orang
D. pilihan pemerintah yang didasarkan pada kepentingan elit politik
Jawab:
C. Benar, alasannya C ialah arti kebijakan publik

2. Perhatikan teladan berikut: Presiden menginstruksikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Pimpinan Lapindo untuk segera menuntaskan problem ganti rugi kepada masyarakat yang terkena dampak lumpur sekitar proyek Lapindo. Dari teladan tersebut, arahan tersebut menggambarkan...
A. kebijakan dengan penentu kebijakan satu orang
B. kebijakan dengan penentu kebijakan banyak orang
C. budi dengan pembuat budi satu orang
D. budi dengan pembuat budi banyak orang
Jawab:
A. Benar, alasannya A ialah teladan kebijakan dengan penentu kebijakan satu orang yakni Presiden yang kebijakannya berdampak kepada banyak orang yakni jajaran enteri Pekerjaan Umum dan Pimpinan Lapindo serta masyarakat umum korban Lapindo

3. Perbedaan pembuatan keputusan dengan kebijakan kalau dibandingkan dengan pembuatan kebijakan, terletak pada karakteristik pembuatan keputusan sebagai....
A. serangkaian tindakan menentukan alternatif secara terus menerus untuk jangka waktu lama
B. serangkaian tindakan menentukan alternatif suatu pilihan sejumlah alternatif yang bersaing dan final untuk jangka waktu tertentu
C. suatu pilihan sejumlah alternatif yang bersaing dan selesai
D. suatu pemecahan problem tertentu
Jawab:
C. Benar, alasannya C ialah karakteristik pembuatan keputusan yang membedakannya dari pembuatan kebijakan

4. Pada hakikatnya, kepentingan publik (public interest) merupakan...
A. harta yang tidak dimiliki oleh pihak swasta murni
B. persepsi masyarakat wacana kebutuhannya
C. semua harta negara
D. segala sesuatu (agregasi) yang dianggap publik sebagai kepentingannya
Jawab:
D. Benar, alasannya D ialah hakikat kepentingan publik (public interest)

5. Menurut Woodrow, paradigma dikotomi politik dan manajemen negara menjelaskan bahwa fungsi politik....
A. bertugas tetapkan dan merumuskan kebijakan negara
B. bertugas menjalankan kebijakan negara
C. melaksanakan pendidikan politik secara menyeluruh kepada lapisan masyarakat
D. membangun institusi politik dalam negara
Jawab:
A. Benar, alasannya A ialah fungsi politik dalam paradigma dikotomi politik dan administrasi

6. Pengertian yang terkandung dalam pernyataan Riggs bahwa aparatur negara dalam fungsi politik dan administratif bermakna bahwa kiprah dan fungsi adminitrator publik adalah...
A. menjadi negarawan yang sesungguhnya dan tidak terlibat politik negara
B. melaksanakan kebijakan publik sekaligus mencari sumber-sumber dan nilai-nilai sosial yang diterjemahkannya ke dalam rumusan kebijakan publik
C. mengawasi nilai-nilai dalam proses politik
D. semata-mata melaksanakan kebijakan publik
Jawab:
B. Benar, alasannya B ialah pengertian yang terkandung dalam pernyataan Riggs bahwa aparatur negara dalam fungsi politik dan administratif

7. Hubungan yang menjelaskan korelasi antara manajemen negara dan manajemen pembangunan ialah adminitrasi pembangunan merupakan…
A. berorientasi pada masa kini sedangkan manajemen negara berorientasi pada masa yang akan datang
B. menekankan pelaksanaan yang tertib dan efisien dari unit-unit kegiatan pemerintah sedangkan manajemen negara menekankan penemuan untuk masa depan
C. stabilisator keadaan sosial dan politik sedangkan manajemen negara ialah akumulator pembangunan negara.
D. wujud manajemen negara yang lebih maju sedangkan prinsip-prinsip manajemen negara ialah landasan manajemen pembangunan
Jawab:
D. Benar, alasannya manajemen pembangunan ialah wujud manajemen negara yang lebih maju dan prinsip-prinsip manajemen negara diterapkan oleh manajemen pembangunan

8. Tugas dan kewajiban pembuat kebijakan dikala menghadapi problem kontradiksi antarnilai masyarakat dalam proses perumusan kebijakan adalah...
A. mengartikulasikan nilai yang bertentangan biar sanggup dimanfaatkan untuk mengatasi problem yang terjadi.
B. mengabaikan nilai-nilai yang bertentangan tersebut biar tidak terjadi polemik dalam masyarakat
C. membuat nilai-nilai gres yang mengikat masyarakat
D. melarang tumbuh dan berkembangnya nilai-nilai yang bertentangan tersebut
Jawab:
A. Benar, alasannya A ialah kewajiban pembuat kebijakan dikala menghadapi problem kontradiksi antarnilai masyarakat dalam proses perumusan kebijakan

9. Dalam model arena perumusan kebijakan publik di era good governance, antar pemain drama politik melaksanakan tawar menawar dan negosiasi, sehingga untuk memperkuat keberhasilan perumusan kebijakan publik yang didukung pelaksanaannya oleh para pemangku kepentingan kebijakan (policy stakeholders), perumusan kebijakan publik tersebut perlu dilandasi dengan...
A. kepemimpinan yang berwibawa
B. penegak aturan yang cerdas
C. pengetahuan aturan yang luas
D. sistem nilai moral yang kuat
D. Jawaban: D alasannya sistem nilai moral yang kuat menjadi landasan keberhasilan pelaksanaan kebijakan publik yang didukung para pemangku kepentingan kebijakan

10. Salah satu acara partisipasi politik bagi masyarakat yang berklasifikasi acara gladiator, adalah...
A. ikut memilih
B. meluangkan waktu untuk turut berkampanye politik secara aktif
C. menyumbang dana kepada kandidat presiden dari partai politik tertentu
D. mempunyai korelasi yang erat dan aktif dengan pejabat pemerintah dari partai politik tertentu
Jawab:
B. Benar, alasannya B ialah salah satu acara partisipasi politik bagi masyarakat yang berklasifikasi acara gladiator

11. Salah satu fungsi kelompok kepentingan dalam proses kebijakan, adalah…
A. mengaktifkan kegiatan masyarakat dalam pembangunan
B. membuka korelasi perdagangan negara dengan negara lain.
C. penghubung antara rakyat dengan perumus kebijakan
D. penentu kebijakan luar negeri.
Jawab:
C. Benar, alasannya C ialah salah satu fungsi kelompok kepentingan dalam proses kebijakan

12. Salah satu teknik kelompok kepentingan di Amerika Serikat untuk melaksanakan dampak politiknya melalui ikatan emosional akhir kedekatan korelasi dengan para pembuat kebijakan negara, merupakan teknik...
A. donasi untuk kampaye
B. kampanye publikasi besar-besaran
C. melaksanakan tekanan melalui publikasi
D. dampak pribadi
Jawab:
D. Benar, alasannya D ialah salah satu teknik kelompok kepentingan di Amerika Serikat untuk melaksanakan dampak politiknya melalui ikatan emosional akhir kedekatan korelasi dengan para pembuat kebijakan

13. Arti yang terkandung sebagai problem kebijakan adalah...
A. konflik sosial
B. konflik horisontal dan vertikal
C. kebutuhan atau ketidakpusasan insan akan suatu kebijakan yang harus dipecahkan
D. problema umum yang saling bertentangan
Jawab:
C. Benar, alasannya C ialah arti yang terkandung sebagai problem kebijakan

14. Agenda sistemik berbeda dengan acara pemerintah, sehingga acara sistemik diartikan sebagai...
A. semua gosip yang dipandang oleh anggota masyarakat politik sebagai perhatian masyarakat umum dan berada dalam kewenangan sah setiap tingkat pemerintahan
B. tuntutan-tuntutan dalam sistem politik
C. urutan daftar problem dengan problem terpenting sebagai prioritas
D. uraian masalah-masalah usang dan gres yang khas serta kasatmata dimana pembuat kebijakan menilainya sebagai problem publik dan melaksanakan tindakan serius terhadapnya
Jawab:
A. Benar, alasannya A ialah pengertian dari acara sistemik

15. Berikut ini pengertian proses perumusan usulan kebijakan, yakni kegiatan...
A. membuat daftar nominatif urutan masalah-masalah publik berdasarkan skala prioritas secara politis
B. menyusun dan menyebarkan serangkaian acara pemerintah untuk mengatasi problem tertentu
C. melegitimasi kebijakan definitif
D. melaksanakan kebijakan untuk memecahkan problem publik
Jawab:
B. Benar, alasannya proses perumusan usulan kebijakan

16. Salah satu pihak yang terlibat dalam proses akreditasi kebijakan publik adalah...
A. organisasi non pemerintah
B. partai politik
C. pejabat atau tubuh yang berwenang
D. rakyat langsung
Jawab:
C. Benar, alasannya C ialah salah satu pihak yang terlibat dalam proses akreditasi kebijakan publik

17. Kebijakan negara Myanmar melaksanakan banyak sekali perubahan lambang, lagu dan konstitusi negara yang baru, dikala berubah dari negara Burma menjadi negara Myanmar , ialah teladan dari kebijakan…
A. liberal
B. sanggup berdiri diatas kaki sendiri terealisasi (self-executing)
C. redistributif
D. regulator
Jawab:
B. Benar, alasannya banyak sekali kebijakan perubahan lambang, lagu dan konstitusi negara dari negara usang ke negara gres merupakan teladan kebijakan self-executing

18. Salah satu faktor yang menyebabkan beberapa masyarakat Indonesia tidak mau melaksanakan kebijakan anti pornografi kalau telah dilegitimasi pemerintah, adalah…
A. adanya tidakpatuhan selektif terhadap hukum
B. adanya dugaan korupsi dalam perumusan kebijakan antipornografi tersebut.
C. banyaknya anggota legislatif perempuan yang masih permisif terhadap pornografi
D. pemerintah RI yang kini berasal dari partai yang tidak populer
Jawab:
B. Benar, alasannya A ialah salah satu faktor yang menyebabkan beberapa masyarakat Indonesia tidak mau melaksanakan kebijakan berdasarkan Anderson

19. Teknik untuk menilai kebijakan acara pemerintah ”wajib berguru 9 tahun” sanggup dinilai dengan cara...
A. ekspresionistis
B. impresionistis
C. mengasumsikan opini publik
D. persepsional
Jawab:
B. Benar, alasannya berdasarkan Charles O. Jones, impresionistis ialah salah satu teknik untuk mengukur kebijakan publik, selain ilmiah dan sistematis.

20. DPRD Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah mengevaluasi kebijakan pengentasan kemiskinan melalui acara agrowisata terpadu. Kebijakan tersebut sedang dirumuskan Pemerintah dan DPRD Kabupaten Wonogiri sehingga didapatkan informasi yang benar dan pada waktu yang sempurna bagi pembuat dan pelaku kebijakan. Untuk itu, kriteria penilaian kebijakan publik yang dipakai DPRD tersebut adalah…
A. daya guna
B. objektivitas
C. relevansi
D. validitas
Jawab:
C. Benar, alasannya kriteria penilaian kebijakan publik yang dipakai DPRD tersebut ialah relevansi

21. Dampak kebijakan publik ditariknya subsidi materi bakar minyak sanggup terkena pada masyarakat kecil yang tidak mempunyai kendaraan bermotor, dengan adanya kenaikan harga materi pangan dan sandang. Dampak kebijakan tersebut dikenal sebagai dampak...
A. biaya tidak eksklusif (indirect cost)
B. eksternalitas positif
C. limbah kebijakan (spillover effects)
D. tidak diharapkan (unintended consequences)
Jawab:
C. Benar, alasannya C ialah dampak kebijakan terhadap situasi atau masyarakat yang bukan menjadi sasaran utama suatu kebijakan

22. Menurut Dye, salah satu yang membedakan antara analisis kebijakan publik dengan advokasi kebijakan, ialah karaktersitik advokasi kebijakan ialah ...
A. menjelaskan alasannya suatu kebijakan diambil sedangkan analisis kebijakan tidak perlu menjelaskannya
B. menilai proses sistem politik sedangkan analisis kebijakan tidak menilainya
C. meliputi pengumpulan data sedangkan analisis kebijakan tidak meliputi pengumpulan data
D. membutuhkan keahlian retorika dan keaktifan organisasi para elit politik sedangkan analisis kebijakan mendorong kajian ilmiah para akademisi terhadap kebijakan publik
Jawab:
D. Benar, alasannya D salah satu faktor perbedaan antara analisis kebijakan publik dengan advokasi kebijakan

23. Salah satu komponen dalam analisis kebijakan, antara lain...
A. biaya advokasi kebijakan (advocacy cost)
B. fisibitas politik (political feasibility)
C. pelaku kebijakan (political subject)
D. penilai kebijakan (political assessor
Jawab:
B. Benar, alasannya salah satu komponen dalam analisis kebijakan ialah fisibitas politik (political feasibility) yakni kemungkinan diterapkannya suatu kebijakan

24. Menurut Lineberry, metode analisis kebijakan yang memusatkan pada penilaian pada konsekwensi-konsekwensi akhir yang mungkin terjadi pada usulan kebijakan yang ditawarkan pemerintah, kalau kebijakan tersebut diberlakukan, ialah metode analisis kebijakan yang berupa...
A. ad hoc analysis
B. pre hoc analysis
C. post hoc analysis
D. quasi experimental approach
Jawab:
B. Benar, alasannya B ialah metode analisis kebijakan yang memusatkan pada penilaian pada konsekwensi-konsekwensi akhir yang mungkin terjadi pada usulan kebijakan yang ditawarkan pemerintah, kalau kebijakan tersebut diberlakukan

25. Perbedaan cara pandang metode riset operasi dengan analisis sistem pada penilaian kebijakan wacana RUU (Rancangan Undang-undang) Pornografi terletak pada cara analisis sistem yang memakai pertimbangan….
A. mayoritas analisis kuantitatif
B. mayoritas tergantung pada komputer
C. rendahnya jenjang problem yang dihadapi
D. tingginya jenjang problem yang dihadapi
Jawab:
B. Benar, alasannya perbedaan cara pandang metode riset operasi dengan analisis sistem pada penilaian kebijakan wacana RUU (Rancangan Undang-undang) Pornografi terletak pada cara analisis sistem yang memakai pertimbangan terletak pada tingginya jenjang problem yang dihadapi

26. Jika memakai metode analisis biaya laba tradisional dalam menganalisis kebijakan publik mengenai pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kabupaten Madiun oleh DPRD dan Bupati Kabupaten Madiun, maka titik awal rekomendasi acara tersebut mengikuti….
A. rasionalitas sosial
B. rasionalitas politik
C. intuisi pihak eksekutif Kabupaten Madiun
D. pasar bebas
Jawab:
D. Benar, alasannya kalau memakai metode analisis biaya laba tradisional dalam menganalisis kebijakan publik pemberdayaan ekonomi pesantren di Kabupaten Madiun oleh DPRD dan Bupati Kabupaten Madiun, maka titik awal rekomendasi acara tersebut mengikuti pasar bebas

27. Titik perhatian model institusional sebagai model analisis kebijakan publik adalah...
A. fungsi ombudsman dalam pemerintahan
B. lembaga-lembaga pemerintahan yang berperan dalam perumusan kebijakan publik
C. prosedur politik organisasi massa dan organisasi politik
D. sikap elit politik
Jawab:
B. Benar, alasannya lembaga-lembaga pemerintahan yang berperan dalam perumusan kebijakan publik ialah fokus model instituional sebagai model analisis kebijakan publik

28. Menurut model kelompok, kebijakan pers di Indonesia yang pernah dikeluarkan oleh Menteri Penerangan masa Orde Baru sanggup berubah kalau ada situasi dan kondisi kelompok….
A. minoritas berseteru dengan kelompok dominan
B. mayoritas berserikat dengan kelompok dominan
C. mayoritas berseteru dengan kelompok minoritas
D. mayoritas kehilangan kekuasaannya
Jawab:
D. Benar, alasannya berdasarkan model kelompok, kebijakan pers di Indonesia yang pernah dikeluarkan oleh Menteri Penerangan masa Orde Baru sanggup berubah kalau ada situasi dan kondisi kelompok mayoritas kehilangan kekuasaannya

29. Jika memakai model elit massa dalam menganalisis kebijakan publik jaman awal reformasi RI, maka sanggup diindikasikan bahwa beberapa kebijakan reformasi yang dikeluarkan pada jaman pemerintahan awal reformasi, merupakan hasil kebijakan yang dibuat berdasarkan pertimbangan kepentingan ….
A. kelompok kepentingan
B. pemerintah rejim sebelumnya
C. kroni atau sekutu pemerintah rejim sebelumnya
D. musyawarah antara kelompok elit dan kelompok masyarakat
Jawab:
A. Benar, alasannya A dari analisis model elit massa ialah salah satu kepentingan yang dipertimbangkan pada dikala kebijakan reformasi yang dikeluarkan pada jaman pemerintahan awal reformasi

30. Jika model elit massa yang dipakai untuk menganalisis kebijakan investasi absurd bagi industri hilir, maka konsensus elit dipakai untuk ….
A. menghargai kepentingan massa dalam investasi absurd bagi industri hilir
B. menilai sikap dan kinerja seluruh kaum elit politik dalam mengelola investasi absurd bagi industri hilir
C. membuat kebijakan investasi absurd bagi industri hilir sebagai kepingan dari sistem sosial ekonomi yang mendukung kekuatan sistem elit politik
D. membebaskan rakyat untuk menilai kebijakan investasi absurd bagi industri hilir secara terbuka dalam lembaga politik
Jawab:
C. Benar, alasannya kalau model elit massa yang dipakai untuk menganalisis kebijakan investasi absurd bagi industri hilir, maka konsensus elit dipakai untuk membuat kebijakan investasi absurd bagi industri hilir sebagai kepingan dari sistem sosial ekonomi yang mendukung kekuatan sistem elit politik

31. Masukan dalam model sistem politik berupa...
A. pembuatan peraturan yang berdampak pada kehidupan masyarakat
B. hasil rumusan kebijakan yang sedang dibahas anggota DPR
C. sistem perumusan kebijakan pada tingkat lokal
D. tuntutan masyarakat akan suatu permasalahan publik
Jawab:
D. Benar, alasannya masukan dalam model sistem politik berupa tuntutan masyarakat akan suatu permasalahan publik

32. Salah satu ciri-ciri model rasional komprehensif sebagai model kebijakan publik, adalah…
A. kebijakan dikatakan ”baik” kalau para pembuat kebijakan setuju akan suatu kebijakan walau tidak sepaham cara mencapai tujuan kebijakan tersebut.
B. perumusan kebijakan melalui pendekatan analisa cara dan tujuan.
C. pembuat kebijakan hanya mempertimbangkan sejumlah kecil alternatif kebijakan
D. sifat kebijakannya ialah mengobati (remedial) untuk waktu kini dan bukan untuk masa mendatang.
Jawab:
B. Benar, alasannya salah satu ciri-ciri model rasional komprehensif ialah perumusan kebijakan melalui pendekatan analisa cara dan tujuan

33. Menurut model rasional komprehensif, hal-hal yang harus diketahui kalau dewan perwakilan rakyat RI dan pemerintah pusat sebagai pembuat kebijakan melaksanakan perumusan kebijakan insentif bagi wajib pajak (sunset policy) adalah….
A. kekuatan militer atau kepolisian untuk mengamankan kebijakan tersebut
B. menentukan alternatif yang sangat menguntungkan wajib pajak tetapi sedikit merugikan negara
C. nilai-nilai keadilan ekonomi dan sosial bagi para wajib pajak
D. tanggapan Bank Dunia terhadap pelaksanaan kebijakan kebijakan insentif bagi wajib pajak (sunset policy)
Jawab:
C. Benar, alasannya berdasarkan model rasional komprehensif, nilai-nilai keadilan ekonomi dan sosial bagi para wajib pajak ialah nilai-nilai uatam dalam masyarakat

34. Berdasarkan model inkremental, pada negara-negara berkembang, landasan bagi para pembuat kebijakan publik dalam membuat kebijakan adalah….
A. hasil kesepakatan antar elit politik menyerupai yang terjadi di Thailand
B. hasil dari pengamatan detil dan menyeluruh menyerupai yang dilakukan pemerintah RI dikala menyusun acara rekonstruksi provinsi NAD pasca tsunami.
C. hasil penelitian dan pengkajian yang valid dan reliabel para akademisi akan kebijakan
D. hasil penilaian dan dan analisis empiris terhadap acara dan kebijakan publik yang telah dilaksanakan
Jawab:
D. Benar, alasannya D ialah salah satu landasan para pembuat kebijakan berdasarkan model inkremental

35. Salah satu kelebihan model inkremental yang sanggup dipertimbangkan oleh Presiden RI dan dewan perwakilan rakyat RI untuk membuat kebijakan pertumbuhan dan pengamanan bidang ekonomi bagi negara dalam resesi ekonomi global yang diperkirakan melanda dunia pada tahun 2009, antara lain….
A. analisis sanggup dilakukan secara keseluruhan dengan pertimbangan akan semua faktor yang ada.
B. sanggup menggambarkan kenyataan yang ada dan sebenarnya
C. sanggup dihitung perbandingan antara tujuan nilai-nilai sosial yang dikorbankan untuk setiap alternatif kebijakan.
D. mendapat cara-cara terbaik untuk mencapai tujuan yang rasional.
Jawab:
B. Benar, alasannya B ialah salah satu kelebihan model inkremental yakni sanggup menggambarkan kenyataan yang ada dan sebenarnya

36. Salah satu kelebihan model gabungan pemindaian (mixed scanning model) untuk menganalisa kebijakan publik, adalah…
A. berorientasi pada cara dan tujuan melalui pencarian cara yang sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan yang rasional
B. banyak mengurangi peranan teori dalam pemecahan problem akhir dari pembandingan kebijakan usang dengan yang baru.
C. hasil analisanya banyak bersifat mengobati (remedial) daripada mencegah.
D. sebagai sintesa pemecahan problem penganalisaan kebijakan publik yang kerap dihadapi model rasional dan model inkremental.
Jawab:
D. Benar, alasannya kelebihan model gabungan pemindaian (mixed scanning model) untuk menganalisa kebijakan publik, ialah sebagai sintesa pemecahan problem penganalisaan kebijakan publik yang kerap dihadapi model rasional dan model inkremental

37. Pada kebijakan mendasar pemberantasan korupsi nasional perlu mempertimbangkan kebijakan sebelumnya berupa kebijakan pemberantasan praktik korupsi, kongkalikong dan nepotisme (KKN) di tubuh organisasi publik Pemerintah RI dan berorientasi pada cara dan tujuan untuk mencapai tujuan yang rasional; maka model yang sesuai untuk menganalisis kebijakan publik tersebut ialah model ….
A. inkremental
B. institusional
C. rasional komprehensif
D. mixed scanning (pemindaian campuran)
Jawab:
D. Benar, alasannya model pemindaian adonan (mixed scanning) dipakai pada kebijakan pemberantasan korupsi nasional dimana kebijakan tersebut memakai model inkremental (melanjutkan kebijakan terdahulu) dan model rasional komprehensif (berorientasi pada cara dan tujuan untuk mencapai tujuan yang rasional ) menghilangkan praktik korupsi secara sistematis

38. Berikut ini beberapa faktor yang memperlihatkan keabsahan (legitimasi) kiprah pemerintah yang besar dalam proses perumusan kebijakan pembangunan, antara lain pemerintah memiliki...
1. pinjaman infrastruktur untuk mengumpulkan masukan-masukan bagi perumusan kebijakan pembangunan
2. hak sah untuk menentukan arah pembangunan nasional
3. kemampuan menerjemahkan kebutuhan rakyat
Jawab:
D Benar, 1, 2 dan 3 alasannya tanggapan no 1,2,3 ialah beberapa faktor yang memperlihatkan keabsahan (legitimasi) kiprah pemerintah yang besar dalam proses perumusan kebijakan pembangunan

39. Nilai yang terdapat dalam kehidupan insan berasal dari...
1. keyakinan masyarakat untuk menyejahterakan hidupnya
2. kebijakan publik suatu negara
3. pola-pola masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
Jawab:
B Benar, 1 dan 3 alasannya keyakinan dan pola-pola masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya menjadi asal suatu nilai dalam masyarakat

40. Berikut ini alasan-alasan mengapa paradigma kontinuum politik-administrasi tidak berlaku lagi, antara lain...
1. proses formulasi kebijakan publik tidak didominasi oleh para politisi dan mengabaikan kiprah direktur publik
2. proses formulasi kebijakan publik tidak diputus dengan proses implementasi kebijakan
3. proses kebijakan tidak lepas dari sistem nilai moral yang dianut para pemain drama kebijakan yang ada pada tubuh eksekutif dan legislatif
Jawab:
D Benar, 1, 2 dan 3 alasannya tanggapan 1,2,3 ialah alasan-alasan mengapa paradigma kontinuum politik-administrasi tidak berlaku lagi

41. Penyelenggaraan pemerintahan yang higienis dan bebas korupsi, kongkalikong dan nepotisme merupakan kondisi yang harus ada (conditio sine quanon) sehingga harus dibangun berdasarkan...
1. komitmen kuat aparatur negara untuk melaksanakan undang-undang
2. peraturan negara sebagai code of conduct untuk bertindak benar
3. nilai utama (core value) dan nilai universal (universal value) yang menjadi dasar bagi para pembuat kebijakan dalam menghasilkan kebijakan publik
Jawab:
D Benar, 1, 2 dan 3 alasannya tanggapan 1,2, dan 3 ialah dasar conditio sine penyelenggaraan pemerintahan yang higienis dan bebas korupsi, kongkalikong dan nepotisme

42. Berikut ini beberapa fenomena atau tanda-tanda orientasi budaya politik pada struktur pemerintahan, antara lain orientasi pada...
1. pihak yang sedang memerintah rejim yakni bagaimana individu atau kelompok memperlihatkan penilaian terhadap lembaga-lembaga negara
2. keahlian politik yakni seberapa sering individu atau kelompok berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat dengan memakai sumber-sumber politik
3. orientasi pada masukan-masukan dan keluaran-keluaran pemerintah yakni bagaimana masyarakat menanggapi cara pemerintah mengakomodasi kepentingan publik
Jawab:
B Benar, 1 dan 3 alasannya tanggapan 1 dan 3 ialah orientasi budaya politik pada struktur pemerintahan

43. Berikut ini beberapa pengertian budaya politik, yakni...
1. kumpulan pengetahuan yang membentuk pola tingkah laris terhadap pemerintah dan politik suatu masyarakat
2. semua orientasi politik yang relevan secara pengetahuan (kognitif), penilaian (evaluatif) dan tindakan (ekspresif)
3. totalitas cara hidup rakyat
Jawab:
A Benar, alasannya tanggapan 1 dan 2 ialah beberapa pengertian budaya politik

44. Fungsi dan kiprah utama partai politik bagi masyarakat adalah...
1. sarana partisipasi politik masyarakat
2. penghubung kepentingan rakyat dengan negara luar
3. sarana eksklusif masyarakat untuk mendesakkan semua tuntutannya kepada perumus kebijakan
Jawab:
B Benar, alasannya tanggapan 1 dan 3 ialah fungsi dan kiprah utama partai politik bagi masyarakat

45. Karakteristik SP3 (Sistem Perencanaan, Pemrograman dan Penganggaran) yang perlu dipahami oleh dewan perwakilan rakyat RI dan Presiden RI kalau memakai SP3 dalam pembuatan kebijakan publik wacana penanggulangan korban Lumpur Lapindo, adalah…
1. tujuan umum ditentukan dikaitkan dengan tujuan-tujuan spesifik paket penanggulangan
2. mengaitkan tujuan-tujuan spesifik dengan sumber-sumber daya yang diperlukan.
3. mengaitkan tujuan-tujuan spesifik dengan kelompok-kelompok masyarakat tertentu yang mendukung pemerintahan.
Jawab:
A Benar, alasannya tanggapan 1 dan 2 merupakan karakteristik SP3

Selengkapnya, silahkan anda download soalnya disini

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4439

1. Perubahan sosial sanggup diamati dari banyak sekali aspek kehidupan masyarakat, yakni aspek kehidupan material, norma, kaidah bermasyarakat, dan sisitem nilai, yang merupakan unsure-unsur kebudayaan dalam masyarakat. Hal ini berarti bahwa
A. perubahan sosial terlepas sama sekali dari perubahan kebudayaan
B. perubahan sosial tidak ada kaitannya dengan perubahan kebudayaan
C. perubahan sosial tidak sanggup dipisahkan dari perubahan kebudayaan
D. antara perubahan sosial dan perubahan kebudayaan berbeda sekali konsepnya
Jawab:
C. BENAR, perubahan social tidak sanggup dipisahkan dari perubahan kebudayaan

2. Selo Soemardjan mendefinisikan perubahan social sebagai perubahan-perubahan yang terjadi pada
A. lembaga-lembaga masyarakat
B. kepercayaan dalam masyarakat
C. lingkungan dalam masyarakat
D. kaidah dalam masyarakat
Jawab:
A. BENAR, Selo Soemardjan mendefinisikan perubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga masyarakat

3. Menurut Max Weber, munculnya kapitalisme di Eropa dipengaruhi oleh nilai-nilai yang terkandung dalam
A. filsafat positivisme
B. filsafat materialisme
C. moral protestan
D. moral Islam
Jawab:
C. BENAR, nilai moral protestan mempengaruhi munculnya kapitalisme di Eropa

4. Jika pada masyarakat tradisional, fungsi pemeliharaan keseimbangan pada pendekatan ekuilibrium dilaksanakan secara personal, maka pada masyarakat modern, fungsi pemeliharaan keseimbangan cenderung dilaksanakan oleh
A. individu
B. petani
C. buruh
D. media massa
Jawab:
D. BENAR, media modern, menyerupai pers cenderung yang melaksanakan kontrol sosial pada masyarakat modern

5. Menurut pendekatan modernisasi, sebagai akhir terjadinya perkembangan ilmu dan teknologi, di bidang keagamaan terjadi pula perubahan dalam pengamalan anutan agama, yakni
A. mulai dianutnya kepercayaan yang berbau mistik
B. mulai diamalkannya anutan agama yang dogmatis
C. masyarakat menjadi lebih rasional dalam mengamalkan anutan agama
D. masyarakat menjadi lebih emosional dalam mengamalkan anutan agama
Jawab:
C. BENAR, berdasarkan pendekatan modernisasi, masyarakat menjadi lebih rasional dalam mengamalkan anutan agama

6. Menurut pendekatan konflik, perubahan social akan bersifat endemic atau berada dimana-mana, hal ini berarti bahwa
A. setiap masyarakat merupakan subyek perubahan dan setiap dikala berpotensi mengalami konflik
B. setiap masyarakat dibatasi gerakannya dalam melaksanakan perubahan
C. hak melaksanakan perubahan berada di tangan kelompok tertentu dalam masyarakat
D. hanya kelompok-kelompok tertentu yang mempunyai andil dalam melaksanakan perubahan
Jawab:
A. BENAR, setiap masyarakat merupakan subyek pembangunan dan setiap dikala berpotensi mengalami konflik

7. Umumnya perubahan sosial yang tidak direncanakan bersifat
A. positif
B. negatif
C. hiburan
D. tontonan
Jawab:
B. BENAR, umumnya perubahan sosial yang tidak direncanakan bersifat negatif

8. Proses industrialisasi di tengah-tengah masyarakat agraris mempengaruhi sistem stratifikasi sosial, sehingga proses industrialisasi sanggup dikategorikan sebagai perubahan sosial yang direncanakan, karena
A. dengan adanya industrialisasi, status sosial seseorang tidak lagi ditentukan oleh keturunan, namun bergeser pada kondisi perekonomian
B. dengan adanya industrialisasi pada masyarakat agraris, status social ditentukan oleh keturunan bukan oleh tingkat pendidikan
C. proses industrialisasi pada masyarakat agraris akan besar lengan berkuasa secara signifikan pada pembagian kekuasaan

proses industrialisasi pada masyarakat agraris lebih merupakan embel-embel bagi terbentunya stratifikasi sosial
Jawab:
A. BENAR, dengan adanya industrialisasi status seseorang lebih ditentukan oleh kondisi perekonomian dibandingkan keturunan

9. Dalam perubahan sosial, terjadinya perubahan tata cara dalam pemilihan umum, dari sistem pencoblosan menjadi sistem pencontrengan dalam pemilihan anggaota legislative sanggup diklasifikasikan dalam aspek perubahan social, yaitu aspek
A. material
B. normatif
C. nilai
D. sistem
Jawab:
B. BENAR, perubahan aturan termasuk dalam aspek material

10. Aspek perubahan sosial dari segi lapisan budaya masyarakat, yang sangat lamban mengalami perubahan ialah aspek
A. ekonomi
B. material
C. normatif
D. nilai
Jawab:
D. BENAR, aspek nilai sangat lamban perubahannya

11. Menurut konsep perubahan sosial aspek ekonomi perubahan sosial sanggup diamati dari
A. beralihnya orientasi ekonomi dari ekonomi kerakyatan menjadi ekonomi humanistik
B. beralihnya orientasi ekonomi dari ekonomi kekeluargaan ke arah kegotong royongan
C. berubahnya orientasi kegiatan ekonomi dari ekonomi komersial kembali pada ekonomi subsistem
D. berubahnya orientasi kegiatan ekonomi keluarga dari kebutuhan ekonomi subsistem menjadi ekonomi komersial
Jawab:
D. BENAR, beralihnya orientasi kegiatan ekonomi keluarga merupakan kajian dalam perubahan sosial ditinjau dari aspek ekonomi

12. Perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat Baduy sebagai akhir dari banyaknya orang Baduy yang merantau ke daerah lain disebabkan oleh faktor
A. demografis
B. discovery
C. inovasi
D. geografis
Jawab:
A. BENAR, migrasi orang Baduy dalam perubahan sosial dikategorikan sebagai faktor demografis

13. Penemuan materi bakar biodiesel yang dikala ini sudah dipakai sebagai alternatif pengganti solar di beberapa daerah di Indonesia dalam perubahan sosial disebut sebagai
A. discovery
B. invention
C. obligasi
D. modifikasi
Jawab:
B. BENAR, penemuan dikateorikan sebagai invention

14. Perang Dunia ke II telah menyebabkan terjadinya perubahan di Jepang yakni dari
A. negara agraris-militer berangsur-angsur menjadi negara pertanian
B. negara agraris-militer berangsur-angsur menjadi negara industri
C. negara agresi-militer berangsur-angsur menjadi negara demokrasi
D. negara agresi-militer berangsur-angsur menjadi negara kerajaan
Jawab:
B. BENAR, perang dunia II telah mengubah Jepang menjadi negara industri

15. Orientasi sikap pejabat poitik pada masyarakat tradisonal cenderung
A. mementingkan diri sendiri dan golongannya
B. mementingkan rakyat
C. mendorong partisipasi rakyat
D. mendorong terjadinya kerjasama
Jawab:
A. BENAR, pejabat pada masyarakat tradisional cenderung mementingkan diri sendiri dan golongannya

16.Model prismatik yang dikembangkan oleh Fred W. Rigs sanggup dipakai untuk memotret perekmbangan yang terjadi pada masyarakat
A. tradisional
B. transisi
C. modern
D. global
Jawab:
B. BENAR, model prismatik berkhasiat untuk memotret masyarakat transisi

17. Dalam bidang pekerjaan, ciri masyarakat modern ditandai dengan
A. tuntutan profesionalisme
B. tuntutan formalisme
C. suasana kekeluargaan
D. suasana kebersamaan
Jawab:
A. BENAR, dalam masyarakat modern dituntut profesional

18. Dalam konteks bermasyarakat, pemimpin diharapkan menjadi agent of modernozation, yang berarti seorang pemimpin diharapkan sebagai tenaga
A. profokator
B. koordinator
C. pembaharuan
D. wirausaha
Jawab:
C. BENAR, pembaharuan dikategorikan sebagai agent of modernization

19. Menurut Siagian, kelompok dalam masyarakat yang mempunyai pola pikir biar planning pembangunan bersifat pragmatis dan gampang dilaksanakan dikategorikan sebagai golongan elit
A. politik
B. cendekiawan
C. militer
D. wirausaha
Jawab:
A. BENAR, kelompok pemikir planning pembangunan dikategorikan sebagai elit politik

20. Anak sekolah yang membantu menjaga toko milik keluarga sebagai sampingan, berdasarkan pendekatan Gainful Worker Approach(GWA), sanggup dikategorikan sebagai
A. penduduk bekerja
B. angkatan kerja penuh
C. sementara mencari pekerjaan
D. sekolah
Jawab:
D. BENAR, berdasarkan pendekatan GWA anak sekolah yang membantu menjaga toko sebagai pekerjaan sampingan dikategorikan sebagai kelompok anak sekolah

21. Lapangan pekerjaan pada masyarakat transisi lebih banyak tekonsentrasi pada sektor
A. pertanian
B. peternakan
C. industri
D. jasa
Jawab:
C. BENAR, pekerjaan masyarakat transisi terkonsentrasi pada sektor industri

22. Di bidang ketenagakerjaan, sektor informal mempunyai peranan yang penting yaitu
A. meningkatkan pengangguran
B. mengurangi pengangguran
C. meningkatkan kemiskinan
D. mengurangi pekerjaan
Jawab:
B. BENAR, mengurangi pengangguran merupakan tujuan dari sektor informal

23. Dalam hal ketenagakerjaan, penganut aliran humanis mengkritik anutan teori klasik, yakni
A. korelasi antar insan dalam ketenagakerjaan terlalu kaku dan menjenuhkan
B. korelasi antar insan dalam ketenagakerjaan sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan
C. upah buruh di masa itu tidak memenuhi persyaratan
D. upah buruh di masa itu melebihi sasaran dan harapan
Jawab:
A. BENAR, korelasi insan menjadi kaku dan menjenuhkan merupakan kritik aliran humanis terhadap aliran klasik

24. Urbanisasi di negara-negara maju dipicu oleh
A. kebutuhan tenaga kerja sebagai akhir pembangunan industri di perkotaan
B. kebutuhan materi baku dalam industri perumahan
C. ketidak mampuan desa menyediakan kebutuhan pokok yang memadai
D. ketidak mampuan pemerintah dalam mengatur sektor ketenagakerjaan
Jawab:
A. BENAR, kebutuhan tenaga kerja di perkotaan merupakan pemicu urbanisasi

25. Perubahan outcomes dalam layanan pendidikan sanggup diukur dengan indikator
A. tingkat cita-cita hidup
B. tingkat kesejahteraan sosial
C. angka melek huruf
D. indeks pembangunan manusia
Jawab:
C. BENAR, angka melek aksara merupakan indikator outcomes layanan pendidikan

26. Dikaitkan dengan konsep Indeks Pembangunan Manusia, semakin tingginya indikator Angka Kematian Bayi memperlihatkan bahwa
A. pembangunan insan pada sektor kesehatan semakin baik
B. pembangunan insan pada sektor kesehatan tidak efektif
C. perlunya menjaga kesehatan pada ibu hamil
D. perlunya ibu hamil memeriksakan kandungannya secara teratur
Jawab:
B. BENAR, tingginya angka maut bayi memperlihatkan pembangunan insan pada sektor kesehatan tidak efektif

27. Pemerintah perlu memperhatikan aspek Angka Harapan Hidup (AHH) perempuan yang cenderung lebih tinggi dibanding laki-laki, untuk itu pemerintah perlu lebih mempersiapkan
A. kebutuhan sarana dan prasarana yang menyangkut kebutuhan perempuan
B. kebutuhan sarana dan prasarana yang menyangkut kebutuhan keluarga
C. partai politik yang khusus menampung wanita
D. organisasi sosial yang menjadi fokus wanita
Jawab:
A. BENAR, dengan semakin tersedianya sarana dan prasarana yang menyangkut kebutuhan perempuan akan semakin meningkatkan AHH perempuan

28. Ajaran yang menyatakan antara agama dengan organisasi pemerintahan tidak sanggup dipisahkan. Pernyataan tersebut merupakan rumusan dari penganut pandangan
A. integralistik
B. simbolik
C. kasuatik
D. sekuler
Jawab:
D. BENAR, anutan yang menyatakan antara anutan agama dengan organisasi pemerintahan tidak sanggup dipisahkan merupakan pandangan dari kaum sekuler

29. Orientasi penyelenggaraan pemerintahan pada jaman kolonial lebih ditujukan kepada
A. masyarakat
B. negara
C. daerah jajahan
D. pengusaha pribumi
Jawab:
B. BENAR, orientasi penyelenggaraan pemerintahan pada jaman kolonial ditujukan kepada negara

30. Penggusuran tempat tinggal penduduk yang mengatasnamakan pembangunan yang sering terjadi di wilayah perkotaan tanpa disertai dengan ganti rugi yang layak membuktikan bahwa arah pembangunan lebih menempatkan insan sebagai
A. fasilitator pembangunan
B. panglima pembangunan
C. obyek pembangunan
D. subyek pembangunan
Jawab:
C. BENAR, insan dalam hal ini merupakan obyek pembangunan

31. Nilai tradisional yang akan meluntur dengan datangnya paham individualisme adalah
A. kekerabatan
B. religi
C. solidaritas
D. keadilan
Jawab:
C. BENAR, solidaritas lama-lama akan memudar dengan datangnya paham individualisme

32. Jika pendekatan sistem diterapkan di dalam perubahan sosial dalam pembangunan ketertiban dan keamanan, maka aspek yang sanggup dianalisa dalam lingkungan internal meliputi
A. kecanggihan alat teknologi dan komunikasi
B. proses pembuatan peraturan keamanan
C. budaya organisasi militer
D. organisasi militer
Jawab:
A. BENAR, kecanggihan alat dan teknologi merupakan lingkungan internal dari pendekatan sistem dalam kasus pembangunan ketertiban dan keamanan

33. Kekuasaan yang diterapkan oleh gaya kepemimpinan otokratik pada bidang ketertiban dan keamanan cenderung
A. tersebar pada beberapa orang perwira
B. tersebar pada seluruh karyawan
C. terpusat pada dewan pimpinan
D. terpusat pada satu orang
Jawab:
D. BENAR, kekuasaan yang diterapkan oleh gaya kepemimpinan otokratik terpusat pada satu orang

34. Tonggak sejarah yang mengubah kehidupan politik di Indonesia, yang kemudian melahirkan partai-partai politik di Indonesia adalah
A. dibentuknya KNIP sebagai tubuh legeislatif
B. dikeluarkannya Maklumat Wapres No. X
C. diubahnya bentuk negara dari negara kesatuan menjadi negara serikat
D. dilaksanakannya pemilihan umum 1955
Jawab:
B. BENAR, dikeluarkannya Maklumat Wapres No. X merupakan tonggak sejarah yang sempurna bagi lahirnya partai-partai politik di Indonesia

35. Menurut anutan birokrasi Weber, korelasi informal dalam bidang pekerjaan cenderung
A. dianjurkan
B. diperintahkan
C. dilarang
D. diformalkan
Jawab:
C. BENAR, berdasarkan Weber korelasi informal dihentikan dalam pekerjaan

36. Globalisasi sanggup dimaknai sebagai suatu keadaan di mana segenap aspek perekonomian, menyerupai pasokan dan usul materi baku, informasi, transportasi, tenaga kerja, keuangan distribusi, serta kegiatan-kegiatan pemasaran, menyatu secara terintegrasi dan semakin terjadi ketergantungan satu sama lain dengan skala
A. lokal
B. regional
C. nasional
D. internasional
Jawab:
D. BENAR, globalisasi lebih bermakna pada internasional

37. Upaya yang perlu dilakukan pemerintah berkaitan dengan upaya menghadapi dampak globalisasi terhadap proses pemiskinan bangsa yang mungkin terjadi di negara kita ialah dengan cara
A. anti globalisasi dan produk-produk hasil perusahaan global
B. membuat kebijakan yang sempurna untuk melindungi kelompok miskin dari keterbukaan terusan pasar
C. memperlihatkan suntikan dana bagi para pengusaha yang terimbas dampak globalisasi
D. mengundang pakar atau tenaga andal dari luar dalam rangka transfer ilmu dan teknologi
Jawab:
B. BENAR, membuat kebijakan yang sempurna untuk melindungi kelompok miskin dari keterbukaan terusan pasar merupakan upaya yang sempurna dalam menghadapi globalisasi

38. Reformasi di bidang pemerintahan yang berhasil digulirkan pada masa pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid di antaranya adalah
A. mengubah sistem pemerintahan dari sistem presidensil ke parlementer
B. mengubah sistem kepartaian dari dua partai politik menjadi multipartai
C. mengurangi peranan militer dalam kegiatan politik dan pemerintahan
D. mengurangi beban kerja presiden sehingga kiprah presiden lebih banyak kearah protokoler saja
Jawab:
C. BENAR, mengurangi peranan militer dalam kegiatan politik dan pemerintahan merupakan kebijakan pada masa Gus Dur yang mendukung adanya reformasi politik dan pemerintahan

39. Otonomi daerah yang diterapkan pada masa pemerintahan presiden Soekarno adalah
A. menerapkan konsep otonomi yang nyata, dan bertanggung jawab
B. menerapkan otonomi yang seluas-luasnya
C. menolak konsep otonomi yang didasarkan pada sentralisasi
D. menolak konsep otonomi seluas-luasnya
Jawab:
D. BENAR, Presiden Soekarno menolak konsep otonomi yang seluas-luasnya

40. Dasar pemikiran dari pemberian otonomi daerah pada era reformasi adalah
A. mempersempit ruang gerak kewenangan daerah
B. memperluas kewenangan yang diberikan kepada daerah
C. menghambat kemandirian daerah
D. meningkatkan ketergantungan daerah kepada pusat
Jawab:
B. BENAR, dasar pemikiran dari pemberian otonomi daerah pada era reformasi ialah untuk memperluas kewenangan yang diberikan kepada daerah

41. Jaminan sosial tenaga kerja wajib diberikan pengusaha kepada
1. pekerja
2. pemegang saham
3. keluarga pekerja
Jawab:
Semua tanggapan benar

42. Efektivitas pelayanan kesehatan sanggup ditinjau berdasarkan dimensi geografis, artinya dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan hendaknya dibedakan antara
1. wilayah perkotaan dan perdesaan
2. penduduk kaya dan miskin
3. daerah Indonesia kepingan barat dan kepingan timur
Jawab:
Jawaban yang benar 1 dan 3

43. Faktor kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sanggup mengikis kelestarian nilai-nilai tradisional
1. nilai-nilai barat yang sarat dengan solidaritas
2. promosi produk melalui media TV yang memicu pola hidup konsumtif
3. bertebarannya pusat perbelanjaan yang mengarah pada pola hidup boros
Jawab:
Jawaban yang benar 2 dan 3

44. Prinsip-prinsip good governance yang mulai diterapkan dalam menunjang peranan legislator daerah adalah
1. akuntabilitas
2. profitabilitas
3. responsibilitas
Jawab:
Jawaban yang benar 1 dan 3

45. Aliran birokrasi Anglosaxon yang berkembang di daerah Amerika mempunyai beberapa ciri antara lain
1. kekuasaan pemerintahan nasional terbatas
2. ada pemisahan kekuasaan antara eksekutif dan legislatif
3. mengacu pada sistem commonwealth
Jawab:
Jawaban yang benar 1 dan 2

Selengkapnya file .pdf bisa anda unduh disini


Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4434 Pembangunan Politik Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4429 Manajemen Pelayanan Umum Beserta Kunci Jawaban
  
Contoh Soal Ujian UT TAP Ilmu Pemerintahan IPEM4500 Tugas Akhir Program Beserta Kunci Jawaban

Contoh Karil (Karya Ilmiah) dan Soal TAP UT ilmu Pemerintahan  

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4439 Perubahan Sosial dan Pembangunan Beserta Kunci Jawaban

Demikian kumpulan soal UT terbaru, yang sanggup diposting, khususnya terkait dengan

0 Response to "Bank Soal Ut Ilmu Pemerintahan Semester 7 Dilengkapi Kunci Jawaban"

Post a Comment