Sergur id - Selamat tiba di blog Pendidikan terbaru, pada kesempatan yang berbahagia ini admin bakal share mengenai Kisi – Kisi Soal Pretest Seleksi PPG Dalam Jabatan Untuk Guru Bahasa Indonesia. Namun sebelumnya, silahkan anda baca terlebih dahulu ulasan berikut ini:
  Kompetensi Yang Perlu Dikuasai Guru Kelas TK
  PPG  dalam jabatan (PPGDJ) merupakan  program pendidikan profesi guru yang  diselenggarakan untuk guru yang mengajar pada satuan pendidikan  (sekolah) dan  memiliki kualifikasi akademik S1 atau D-IV tetapi  belum  memperoleh sertifikat pendidik . Program  ini sering disebut – sebut  sebagai acara sertifikasi masa kini. Kaprikornus bagi guru yang belum  menerima sertifikat pendidik tidak lagi didapat melalui PLPG akan tetapi  sanggup memperolehnya melalui  Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam  jabatan.
  Sejak  awal pendaftarannya tahun 2017  lalu sampai sekarang, PPGDJ selalu  menyebabkan respon yang cukup besar bagi para guru khususnya guru  sekolah TK. Hal itu terlihat dari banyaknya guru yang terdaftar  dalam  acara PPGDJ. Namun tidak semua pendaftar bisa pribadi jadi penerima  PPGDJ. 
  Pasalnya  untuk bisa  menjadi penerima PPGDJ guru harus mengikuti seleksi  kemampuan akademik melalui tes online (pretest). Seleksi kemampuan  akademik meliputi tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang  studi, dan tes talenta dan minat.
  Mengingat  banyak nya penerima yang tidak lulus, guru perlu mempersiapkan diri  untuk menghadapi pretes PPGDJ. Karena mengikuti pretest dengan persiapan  akan jauh lebih yummy daripada  mengandalkan keberuntungan.
  Kisi  – kisi ini bisa jadi pola kompetensi yang harus dimiliki seorang  pendidik di Taman Kanak-kanak dan sebagai modal untuk membantu persiapan Bapak / Ibu  guru untuk mengikuti pretest PPG pada kesempatan berikutnya. Karena kisi  – kisi pretest PPGDJ masih mengacu pada kisi – kisi pretest PPGDJ yang  terbit pada tahun sebelumnya. 
  Nah  untuk mengetahui lingkup materi yang akan diujikan sebagai bekal  persiapan menghadapi pretest PPGDJ nanti. Kali ini akan di paparkan kisi  – kisi soal pretest untuk guru kelas TK.  Berikut kisi – kisinya :
  KISI-KISI SELEKSI PROGRAM
  PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN
                    PENJARINGAN BAKAT DAN MINAT
 |  NO |  SUB KOMPETENSI |  CAPAIAN   PEMBELAJARAN |  INDIKATOR   ESENSIAL | 
|  1 |  Bakat |  Kemampuan   Penalaran dan Pemecahan masalah |  1.   Berpikir analitis kritis | 
|  2.   Berpikir Kreatif | |||
|  3.   Pengambilan   keputusan secara etis | |||
|  Perlakuan terhadap siswa |  4.   Menghargai   perbedaan individu | ||
|  5.   Memotivasi siswa | |||
|  6.   Bersahabat | |||
|  Kemampuan Penyesuaian Diri |  7.   Terbuka terhadap   perubahan yang positif | ||
|  8.   Membangun   kerjasama dengan berbagai pihak | |||
|  2 |  Minat |  Minat terhadap profesi tertentu: |  9.     Keterlibatan dalam bidang kependidikan atau non- kependidikan dengan perasaan senang | 
|  10. Sikap positif terhadap   profesi guru | |||
|  Minat terhadap tugas-tugas   spesifik guru |  11. Intensitas keterlibatan guru dalam bidang literasi   & kegiatan ilmiah | ||
|  12. Intensitas keterlibatan guru dalam acara   layanan sosial | |||
|  13. Intensitas berkomunikasi   secara persuasif | 
               KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
   SUB TES POTENSI AKADEMIK
 |  NO |  KOMPETENSI |  SUB   KOMPETENSI |  INDIKATOR ESENSIAL | 
|  1 |  Verbal |  Hubungan kata |  1. sanggup menentukan kata yang   mempunyai kesamaan arti dengan stem soal | 
|  2. sanggup menentukan sepasang kata yang mempunyai kekerabatan   analogis sama menyerupai rangkaian dua kata pada stem | |||
|  3. sanggup menentukan satu kata yang mempunyai ciri atau   sifat yang berbeda dengan 4 pilihan kata yang lain | |||
|  Analitis |  4. sanggup menarik kesimpulan menurut seperangkat   pernyataan yang berupa fakta-fakta yang saling berhubungan | ||
|  Logis |  5. sanggup menarik kesimpulan dari   dua premis yang diberikan | ||
|  2 |  Numeric |  Deret |  6. sanggup menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka   dengan pola tertentu (per satu angka) | 
|  7.  sanggup menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka    dengan pola tertentu (per dua angka/satu angka sebagai jangkar) | |||
|  8. sanggup menentukan angka-angka yang merupakan   kelanjutan dari 2 deret angka dengan 2 pola tertentu | |||
|  Aritmatika |  9. sanggup menemukan solusi dari operasi hitung sederhana   (penjumlahan dan pengurangan) | 
|  NO |  KOMPETENSI |  SUB   KOMPETENSI |  INDIKATOR ESENSIAL | 
|  10. dapat menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (pengalian dan pembagian) | |||
|  11.   sanggup menemukan solusi dari operasi hitung sederhana memakai desimal dan pecahan | |||
|  12. dapat menemukan solusi dari soal   cerita yang memerlukan strategi operasi   hitung | |||
|  3 |  Figural |  Hubungan Bentuk |  13. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan   mengikuti pola rotasi searah jarum jam dan penambahan elemen dengan   jumlah stimulus awal sebanyak 4 | 
|  14. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan   mengikuti pola pencerminan dan   penambahan elemen dengan   jumlah stimulus awal sebanyak 3 | |||
|  Serial |  15. dapat menentukan gambar untuk mengisi   kotak kosong sebagai   kelanjutan serial dengan pola penambahan elemen dan perubahan   bentuk/warna dengan jumlah awal stimulus sebanyak 3 | ||
|  16. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong sebagai   kelanjutan serial dengan pola   rotasi berlawanan arah   jarum jam dan perubahan bentuk dengan awal stimulus sebanyak 4 | |||
|  4 |  Verbal |  Hubungan kata |  17. sanggup menentukan kata yang   mempunyai kesamaan arti dengan stem soal | 
|  18. dapat   memilih sepasang kata yang memiliki hubungan analogis sama menyerupai rangkaian dua kata pada stem | 
              KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
  SUB TES : PEDAGOGIK
 |  NO |  KOMPETENSI |  SUB   KOMPETENSI |  INDIKATOR   ESENSIAL | 
|  1 |  Merencanakan   pembelajaran |  Merumuskan   indikator kompetensi dan capaian pembelajaran menurut standar kompetensi   lulusan; |  1. Dengan mencermati standar kompetensi lulusan penerima   sanggup merumuskan indikator kompetensi | 
|  2. Berdasarkan rumusan indikator kompetensi penerima   sanggup merumuskan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) | |||
|  Menetapkan   materi, proses, sumber, media, penilaian, dan penilaian pembelajaran; |  3.  Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan   pembelajaran) yang telah  dirumuskan, penerima sanggup memutuskan materi   pembelajaran yang  diperlukan. | ||
|  4. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan   pembelajaran) yang telah   dirumuskan dan materi   yang ditentukan, penerima sanggup memutuskan proses pembelajaran yang sesuai. | |||
|  5. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan   pembelajaran) yang telah   dirumuskan dan materi   yang ditentukan, penerima sanggup memutuskan sumber belajar/media   pembelajaran yang diperlukan. | |||
|  NO |  KOMPETENSI |  SUB   KOMPETENSI |  INDIKATOR   ESENSIAL | 
|  6.  Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan   pembelajaran) dan proses  pembelajaran yang telah ditentukan, penerima sanggup   memutuskan jenis  penilaian yang tepat | |||
|  Menyusun   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus. |  7. Dengan mencermati silabus, penerima sanggup   menganalisis keterkaitan antar komponen silabus | ||
|  8.  Dengan mencermati silabus yang telah ditentukan,   penerima sanggup  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan tepat. | |||
|  2 |  Melaksanakan   pembelajaran |  Melaksanakan    pembelajaran dengan mewujudkan suasana dan proses pembelajaran yang  sesuai   dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan  potensi diri dan   abjad siswa |  9.  Melalui paparan kasus, penerima sanggup memperlihatkan   pilihan pemecahan  dilema pelaksanaan pembelajaran untuk menyebarkan   potensi siswa. | 
|  10.  Melalui paparan kasus, penerima sanggup memperlihatkan   pilihan pemecahan  dilema pelaksanaan pembelajaran untuk menyebarkan   abjad siswa. | |||
|  3 |  Menilai dan  mengevaluasi   pembelajaran |  Melaksanakan   penilaian otentik-holistik yang meliputi ranah sikap, |  11. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran,   peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- | 
|  NO |  KOMPETENSI |  SUB   KOMPETENSI |  INDIKATOR   ESENSIAL | 
|  pengetahuan, dan keterampilan;   dan |  holistik   terhadap aspek sikap | ||
|  12. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran,   peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- holistik terhadap aspek pengetahuan | |||
|  13. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran,   peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- holistik terhadap aspek keterampilan | |||
|  Menggunakan   hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. |  14. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menganalisis   hasil penilaian pembelajaran | ||
|  15. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menentukan   tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran | 
                                   KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
  Mapel / Keahlian : Guru Kelas TK
 |  No. |  Kompetensi   Inti |  Kompetensi Mapel / Keahlian |  Indikator Esensial | |||||
|  1. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Merumuskan kegiatan matematika   permulaan, dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  2. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini,   peserta dapat menelaah konsep dasar sains dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  3. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Memberikan contoh kegiatan   sains permulaan, dalam bidang pengembangan anak   TK/PAUD. | |||||
|  4. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar bahasa   dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  5. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Memilih kegiatan bahasa (membaca permulaan) dalam bidang pengembangan anak   TK/PAUD. | |||||
|  6. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menunjukkan konsep dasar studi sosial bidang pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  7. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Memilih kegiatan studi sosial dalam bidang   pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  8. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar agama   dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  9. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Memilih kegiatan agama dalam   bidang pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  10. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep dasar seni   dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  11. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Menilai kegiatan seni rupa dalam bidang   pengembangan anak   TK/PAUD. | |||||
|  12. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Menilai kegiatan seni musik   & lagu   dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  13. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep dasar pendidikan   jasmani dalam bidang pengembangan   anak TK/PAUD. | |||||
|  No. |  Kompetensi   Inti |  Kompetensi Mapel / Keahlian |  Indikator Esensial | |||||
|  14. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Menentukan kegiatan pendidikan jasmani   dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  15. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep dasar kesehatan   dalam bidang   pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  16. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Menilai kegiatan kesehatan   dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  17. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar gizi dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD. | |||||
|  18. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai konsep dasar matematika, sains,   bahasa, pengetahuan sosial, agama,   seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi   sebagai sarana pengembangan   untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD. |  Memilih kegiatan gizi dalam bidang pengembangan   anak TK/PAUD. | |||||
|  19. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial- emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa   anak TK/PAUD. |  Menentukan penggunaan berbagai alat permainan   untuk mengembangkan aspek fisik anak TK/PAUD. | |||||
|  20. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial- emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa   anak TK/PAUD. |  Menelaah penggunaan berbagai   alat permainan untuk menyebarkan aspek kognitif   anak TK/PAUD. | |||||
|  21. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial- emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa   anak TK/PAUD. |  Memilih penggunaan berbagai alat permainan untuk menyebarkan aspek   sosial-emosional anak TK/PAUD. | |||||
|  22. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial- emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa   anak TK/PAUD. |  Menelaah penggunaan berbagai   alat permainan untuk menyebarkan aspek moral anak TK/PAUD. | |||||
|  23. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial- emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa   anak TK/PAUD. |  Menelaah penggunaan berbagai   alat permainan untuk mengembangkan aspek sosial budaya   anak TK/PAUD. | |||||
|  24. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial- emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa   anak TK/PAUD. |  Memilih penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan   aspek bahasa anak TK/PAUD. | |||||
|  25. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai   aneka macam permainan anak. |  Menggunakan ilustrasi kegiatan bermain pada anak   usia dini, peserta dapat memilih berbagai alat permainan edukatif anak. | |||||
|  26. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai   aneka macam permainan anak. |  Menggunakan ilustrasi kegiatan bermain pada anak   usia dini, peserta dapat memilih berbagai alat permainan edukatif anak. | |||||
|  27. |  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |  Menguasai   aneka macam permainan anak. |  Peserta dapat   menelaah berbagai alat permainan   edukatif anak. | |||||
|  28. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemampuan anak   TK/PAUD dalam setiap bidang   pengembangan. |  Memilih kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam   bidang pengembangan moral dan nilai   agama. | |||||
|  29. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemampuan anak   TK/PAUD dalam setiap bidang   pengembangan. |  Melalui ilustrasi   kasus, peserta dapat membedakan   kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan   bahasa. | |||||
|  30. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemampuan anak   TK/PAUD dalam setiap bidang   pengembangan. |  Melalui ilustrasi   kasus, peserta dapat membedakan   kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan sosial-emosi. | |||||
|  31. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemampuan anak   TK/PAUD dalam setiap bidang   pengembangan. |  Melalui ilustrasi   kasus, peserta dapat menelaah kemampuan anak sesuai   usia perkembangannya dalam bidang   pengembangan kognitif. | |||||
|  No. |  Kompetensi   Inti |  Kompetensi Mapel / Keahlian |  Indikator Esensial | |||||
|  32. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemampuan anak   TK/PAUD dalam setiap bidang   pengembangan. |  Melalui ilustrasi   kasus, peserta dapat membedakan   kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan fisik-motorik. | |||||
|  33. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemampuan anak   TK/PAUD dalam setiap bidang   pengembangan. |  Melalui ilustrasi   kasus, peserta dapat memperlihatkan kemampuan anak sesuai   usia perkembangannya dalam bidang   pengembangan moral-agama. | |||||
|  34. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemampuan anak   TK/PAUD dalam setiap bidang   pengembangan. |  Melalui ilustrasi   kasus, peserta dapat membedakan   kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan   bahasa. | |||||
|  35. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemampuan anak   TK/PAUD dalam setiap bidang   pengembangan. |  Menentukan kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam   bidang pengembangan kognitif. | |||||
|  36. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemampuan anak   TK/PAUD dalam setiap bidang   pengembangan. |  Memilih kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam   bidang pengembangan sosial emosi. | |||||
|  37. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemampuan anak   TK/PAUD dalam setiap bidang   pengembangan. |  Melalui ilustrasi   kasus, perseta dapat membedakan   kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam setiap bidang   pengembangan. | |||||
|  38. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD. |  Melalui contoh kasus, peserta dapat memperlihatkan kemajuan   anak dalam setiap bidang pengembangan   di TK/PAUD. | |||||
|  39. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD. |  Melalui contoh kasus, peserta dapat membedakan   kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan   di TK/PAUD. | |||||
|  40. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan. |  Melalui contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan kegiatan pengembangan nilai agama dan moral   di TK/PAUD. | |||||
|  41. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan. |  Melalui contoh kasus, peserta dapat menentukan   tujuan kegiatan pengembangan bahasa di TK/PAUD. | |||||
|  42. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan. |  Melalui contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan kegiatan pengembangan kognitif di TK/PAUD. | |||||
|  43. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan. |  Melalui contoh kasus, peserta dapat menentukan   tujuan kegiatan pengembangan sosial-emosi di TK/PAUD. | |||||
|  44. |  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi   dasar mata pelajaran/bidang   pengembangan yang diampu. |  Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan. |  Melalui contoh kasus, peserta dapat menetapkan   tujuan kegiatan pengembangan fisik-motorik di TK/PAUD. | |||||
|  45. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat   perkembangan peserta didik |  Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat memperlihatkan materi bidang pengembangan nilai agama dan moral   yang sesuai dengan   tingkat perkembangan peserta   didik. | |||||
|  46. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat   perkembangan peserta didik |  Dengan contoh kegiatan   pengembangan, peserta dapat memilih materi bidang pengembangan kognitif yang sesuai dengan tingkat   perkembangan peserta didik. | |||||
|  47. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat   perkembangan peserta didik |  Dengan contoh kegiatan   pengembangan, peserta dapat memilih materi bidang pengembangan bahasa yang   sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. | |||||
|  48. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat   perkembangan peserta didik |  Dengan contoh kegiatan   pengembangan, peserta dapat memperlihatkan materi   bidang pengembangan sosial-emosi yang sesuai dengan tingkat perkembangan   peserta didik. | |||||
|  49. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat   perkembangan peserta didik |  Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta   dapat menentukan materi bidang pengembangan fisik-motorik yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta   didik. | |||||
|  50. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat   perkembangan peserta didik |  Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta   dapat membedakan materi   bidang pengembangan nilai agama dan moral   yang sesuai dengan   tingkat perkembangan peserta   didik. | |||||
|  51. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat   perkembangan peserta didik |  Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat memperlihatkan materi bidang pengembangan kognitif yang sesuai   dengan tingkat perkembangan   peserta didik. | |||||
|  No. |  Kompetensi   Inti |  Kompetensi Mapel / Keahlian |  Indikator Esensial | |||||
|  52. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat   perkembangan peserta didik |  Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta   dapat menelaah materi bidang   pengembangan bahasa   yang sesuai dengan   tingkat perkembangan   peserta didik. | |||||
|  53. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat   perkembangan peserta didik |  Dengan contoh kegiatan   pengembangan, peserta dapat memperlihatkan materi   bidang pengembangan sosial-emosi yang sesuai dengan tingkat perkembangan   peserta didik. | |||||
|  54. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat   perkembangan peserta didik |  Dengan contoh kegiatan   pengembangan, peserta dapat memperlihatkan materi   bidang pengembangan fisik-motorik yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. | |||||
|  55. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Mengolah materi bidang pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta   didik. |  Melalui pemberian ilustrasi kasus, peserta dapat mengorganisasikan materi bidang pengembangan   secara kreatif   menjadi kegiatan yang sesuai dengan tingkat   perkembangan usia   4-5 tahun. | |||||
|  56. |  Mengembangkan materi   pembelajaran yang diampu secara kreatif. |  Mengolah materi bidang pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta   didik. |  Mengorganisasikan materi   bidang pengembangan secara kreatif menjadi kegiatan terpadu yang sesuai dengan tingkat   perkembangan usia   5-6 tahun. | |||||
|  57. |  Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. |  Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus   menerus. |  Dengan ilustrasi kegiatan, peserta dapat menilai   contoh kinerja   sendiri secara terus menerus. | |||||
|  58. |  Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. |  Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. |  Peserta dapat merumuskan   pemanfaatan hasil refleksi dalam   rangka peningkatan keprofesionalan. | |||||
|  59. |  Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. |  Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. |  Peserta dapat   memilih upaya   peningkatan keprofesionalan menurut hasil   refleksi. | |||||
|  60. |  Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. |  Melakukan penelitian tindakan kelas untuk   peningkatan keprofesionalan. |  Peserta dapat memilih   contoh masalah dalam penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | |||||
|  61. |  Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. |  Melakukan penelitian tindakan kelas untuk   peningkatan keprofesionalan. |  Peserta dapat memilih   contoh kerangka berpikir penelitian   tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | |||||
|  62. |  Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. |  Melakukan penelitian tindakan kelas untuk   peningkatan keprofesionalan. |  Peserta dapat menyusun contoh rancangan penelitian tindakan   kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | |||||
|  63. |  Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. |  Melakukan penelitian tindakan kelas untuk   peningkatan keprofesionalan. |  Peserta dapat merumuskan   hasil penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | |||||
|  64. |  Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. |  Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari   berbagai sumber. |  Mengidentifikasi berbagai sumber belajar untuk mengikuti kemajuan zaman. | |||||
|  65. |  Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. |  Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari   berbagai sumber. |  Dengan contoh nyata,   peserta dapat memilih   aktivitas guru yang mengikuti kemajuan zaman dengan belajar   dari berbagai sumber. | |||||
|  66. |  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan menyebarkan diri. |  Memanfaatkan teknologi informasi   dan komunikasi dalam   berkomunikasi. |  Melalui contoh TIK   PAUD, peserta dapat memperlihatkan manfaat teknologi   informasi dan   komunikasi dalam berkomunikasi. | |||||
|  67. |  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan menyebarkan diri. |  Memanfaatkan teknologi informasi   dan komunikasi dalam berkomunikasi. |  Melalui contoh TIK PAUD, peserta dapat memilih jenis-jenis teknologi informasi dan komunikasi dalam   berkomunikasi secara efektif. | |||||
|  68. |  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan menyebarkan diri. |  Memanfaatkan teknologi informasi   dan komunikasi dalam   berkomunikasi. |  Melalui contoh TIK   PAUD, peserta dapat mengambarkan manfaat teknologi   informasi dan   komunikasi untuk pengembangan diri | |||||
|  69. |  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan menyebarkan diri. |  Memanfaatkan teknologi informasi   dan komunikasi dalam   berkomunikasi. |  Melalui contoh TIK PAUD,peserta dapat menetapkan upaya pengembangan diri dengan   menggunakan teknologi informasi | |||||
 Demikian warta terbaru dari blog pendidikan terbaru, terkait dengan Kisi –Kisi Soal Pretest Seleksi PPG Dalam Jabatan
 
0 Response to "Kisi –Kisi Soal Pretest Seleksi Ppg Dalam Jabatan (Guru Tk)"
Post a Comment