Guru K13 : Soal Sudut Pandang Dan Pendekatan Sosiologi

Sahabat Blog Pendidikan Terbaru khususnya mengenai Buku Kurikulum 2013 Buku K13 Revisi Terbaru, Soal Sudut Pandang dan Pendekatan Sosiologi. Soal Sekolah Menengan Atas Kelas XI / 11 Mata Pelajaran Sosiologi Semester 1.

Pada Kesempatan kali ini admin akan membagikan Soal Sosiologi pada Kompetensei Dasar [KD]: Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologi

Ilmu pengetahuan intinya yaitu suatu sudut pandang atau cara pandang . Dimana cara pandang tersebut mencakup perbedaan-perbedaan dalam hal obyek , aspek dan metode kajian , ilmu pengetahuan sanggup dibedakan atas dua gugus besar yaitu ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu alam.

Keduanya sanggup dibedakan menurut obyek kajiannya . Dimana obyek kajian ilmu-ilmu sosial yaitu realitas sosial berupa kekerabatan antar insan , dengan titik berat kajian pada aspek tanda-tanda sosial mencakup gagasan , nilai-nilai , kepercayaan dan tingkah laris yang bermakna .

Lain hal dengan ilmu-ilmu alam , obyek kajian ilmu-ilmu alam yaitu realitas fisik berupa alam dan insan , dengan titik berat pada tanda-tanda aspek fisik mengenai sifat-sifat keperiadaan benda .
Dalam mengkaji aspek sosial cenderung menggunakan metode penelitian kualitatif , dan dalam mengkaji aspek fisik menggunakan penelitian kuantitatif .

Sosiologi sendiri yaitu salah satu cara pandang dalam khasanah ilmu pengetahuan yang tergolong ke dalam ilmu-ilmu sosial . Semua ilmu sosial mengkaji obyek yang sama yaitu realitas sosial berkenaan dengan kehidupan sosial insan . Realitas sosial sendiri bersifat multi-dimensional lantaran mustahil sanggup di pahami dengan menggunakan satu disiplin ilmu sosial .

Soal Sudut Pandang dan Pendekatan Sosiologi. 

A. Soal Pilihan Ganda Sosiologi: Perubahan Sosial

1.Adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsur yang tidak sama yang dijumpai dalam kehidupan sosial di masyarakat sering kali menghasilkan pola kehidupan yang fungsinya tidak sesuai bagi kehidupan masyarakat. Proses tersebut merupakan ….
a.integrasi sosial
b.perubahan kebudayaan
c.perubahan sosial
d.diferensiasi sosial
e.peranan sosial

2.Salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya perubahan sosial yaitu ….
a.tingkat kesejahteraan masyarakat menurun
b.terjadinya perpindahan penduduk antardaerah
c.tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi
d.keberhasilan acara keluarga berencana
e.adanya acara transmigrasi dari pemerintah

3.Salah satu faktor pendorong terjadinya perubahan sosial yang tiba dari dalam masyarakat itu sendiri yaitu ….
a.adanya penjajahan
b.perubahan lingkungan alam
c.adanya konflik yang terjadi dalam masyarakat
d.pengaruh kebudayaan dari masyarakat lain
e.adanya peperangan

4.Contoh terjadinya perubahan yang cepat dan fundamental yaitu ….
a.pembuatan alat-alat
b.hukum pewarisan
c.model pakaian
d.undang-undang perkawinan
e.revolusi industri

5.Salah satu faktor yang menjadi penghalang terjadinya suatu perubahan yaitu ….
a.kuatnya kekerabatan dengan masyarakat sekitarnya
b.masyarakat yang terbuka terhadap hal-hal yang baru
c.berkurang dan bertambahnya penduduk
d.masyarakat yang mempunyai penemuan tinggi
e.munculnya kepentingan-kepentingan yang sudah tertanam kuat

6.Perubahan yang merupakan lanjutan dari perubahan terdahulu dinamakan ….
a.perubahan proses
b.perubahan mendasar
c.perubahan menyebar
d.perubahan revolusi
e.perubahan structural

7.Perubahan yang disebabkan lantaran faktor lingkungan alam yaitu ….
a.kebakaran
b.terjadinya banjir
c.hujan besar
d.hama pertanian
e.terjadinya bedol desa

8.Cara suatu kebudayaan yang masuk melalui kedamaian dinamakan ….
a.difusi culture
b.penetration violence
c.penetration pasifique
d.penetration culture
e.penetration civilization

9.Berikut ini yang merupakan faktor yang pendorong terjadinya perubahan sosial yaitu ….
a.mempertahankan kebiasaan dan adat
b.perkembangan Iptek yang lambat
c.kebutuhan yang semakin kompleks
d.prasangka pada hal-hal yang berbau asing
e.chauvinisme

10.Perubahan fundamental yang mencakup struktur-struktur sosial dan berlangsung dalam waktu yang cukup singkat disebut….
a.perubahan regress
b.evolusi sosial
c.revolusi sosial
d.perubahan progress
e.pergeseran tata nilai

11.Yang termasuk teladan evolusi dalam bidang sosial yaitu …
a.perubahan sistem pertanian dari berladang ke sistem pertanian irigasi
b.pemakaian hibrida dalam pertanian
c.penerimaan masyarakat terhadap pola hidup keluarga kecil
d.pergantian bentuk pemerintahan dari sistem kerajaan ke republik
e.pemanfaatan mesin traktor untuk membajak sawah

12.Alasan terjadinya perubahan sosial di bidang ekonomi yang berafiliasi dengan kesejahteraan masyarakat yaitu …
a.perasaan yang  tidak puas dengan situasi yang sedang berlangsung
b.kecewa dengan hasil yang telah diperoleh
c.perdapatan perkapita ingin ditingkatkan
d.tenaga jago dalam menjalankan pembangunan masih kurang
e.sumber daya insan di bidang ekonomi masih kurang

13.Pergolakan hubungannya sangat erat dengan disintegrasi lantaran …
a.pergolakan cenderung mengarah ke konflik
b.disintegrasi berakibat terhadap perubahan
c.pergolakan cenderung mengakibatkan disintegrasi
d.pergolakan mengakibatkan chaos
e.pergolakan mengakibatkan anomi

14.Suatu tindakan disebut kriminal apabila …
a.bertentangan dengan nilai dan norma
b.tidak sejalan dengan kesepakatan
c.bertentangan dengan aturan yang berlaku
d.tidak sesuai dengan kehendak pribadi
e.adanya denda untuk pelaku

15.Tindakan korupsi merupakan tindak kejatan yang terjadi lantaran …
a.pelakunya mempunyai kekuasaan
b.pelakunya mempunyai kebiasaan buruk
c.pelakunya mempunyai cacat fisik
d.pekaku mengidap kelainan jiwa
e.pelaku mempunyai kesempatan

16.Perbedaan antara agresi demonstrasi dengan agresi protes terletak pada …
a.tujuannya
b.jumlah pengikutnya
c.latar belakang
d.waktu yang digunakan
e.interaksinya

17.Perubahan mode pakaian diklasifikasikan sebagai perubahan yang pengaruhnya kecil dengan ruang lingkup yang tidak luas lantaran …
a.hanya berafiliasi dengan kebutuhan sekunder
b.tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat
c.tidak berafiliasi dengan bidang kebudayaan
d.pedagang selalu diuntungkan
e.hanya diikuti oleh golongan tertentu

18.Penemuan gres yang direncanakan secara matang paling banyak kita jumpai pada bidang …
a.politik
b.agama
c.teknologi
d.sastra
e.sosial

19.Sikap-sikap yang sanggup menjaga keutuhan suatu bangsa sebagai bangsa yang multikultur yaitu …
a.sikap bijak dan adil harus dilakukan oleh abdnegara pemerintan saat melakukan tugasnya
b.sikap primodial bagi setiap suku bangsa di indonesia harus ditingkatkan
c.berjiwa sosial untuk kalangsungan hidup pertai atau kelompoknya
d.tugas yang ditugaskan kepada abdnegara tertentu diselesaikan
e.aturan aturan diterapkan secara konsekuen untuk golongan tertentu

20.Kesadaran sosial sangat penting untuk mewujudkan kesinambungan bangsa dan negara lantaran …
a.semangat gotong royong setiap wilayah sanggup meningkat
b.Sikap tersebut sanggup menghilangkan konflik golongan atau antarkelompok
c.Tanpa adanya kesadaran sosial, maka akan sulit untuk mewujudkan kesinambungan bangsa
d.Kesadaran nasional akan meningkatkan perilaku primodial setiap suku bangsa
e.Kesadaran sosial sanggup diwujudkan melalui konsolidasi masing-masing partai politik

21.Di bawah ini yang menjadi fakror penyebab masyarakat selalu dinamis yaitu …
a.tidak sanggup menuntaskan banyak sekali problem yang ada
b.ada banyak penemuan baru
c.berkembangnya norma sosial dan sistem sosial
d.susah mengikuti keadaan dengan kondisi dan situasi yang berubah dengan relatif cepat
e.adanya upaya untuk menyesuaikan diri dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan

22.Penyempumaan kurikulum di sekolah yaitu teladan dari perubahan …
a.tidak dikehendaki
b.proses
c.kecil
d.struktural
e.tidak direncanakan

23.Sering kita mendengar gosip menganai agresi demonstrasi di banyak sekali wilayah. Apabila dilihat dari sudut pandang sosiologis, demonstrasi tersebut sanggup mempunyai fungsi sebagai …
a.upaya mencari kebebasan
b.alat kontrol sosial
c.alat menuntut kebebasan
d.alat legitimasi bagi rakyat
e.legitimasi bagi pemerintah

24.Bapak Ali telah mengajar di sekolah selama lebih dari dua puluh tahun. Beliau dikenalkan dengan suatu metode pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai pusatnya. Meskipun metode ini dikenalkan berkali-kali, bapak Ali tetap saja menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru, perilaku bapak Ali tersebut yaitu teladan dari perilaku yang sanggup menghambat terjadinya perubahan sosial, yaitu …
a.prokreasi
b.pesimistis
c.egosentris
d.konservatif
e.ideologis

25.Salah satu faktor pendorong terjadinya perubahan yang bersumber dari luar masyarakat yaitu ...
a.pengaruh kebudayaan dari masyarakat lain
b.konflik dalam masyarakat
c.banyak penemuan baru
d.pemberontakan atau revolusi
e.jumlah penduduk berubah

26.Sebagai seorang pelajar, Agung mempunyai prinsip berani dalam mengemukakan pendapat di banyak sekali aktivitas. Menurut Agung, dengan perilaku berani dalam mengemukakan pendapat, ia sanggup menjadi kritis dan aktif terhadap lingkungan di sekitarnya. Sikap Agung merupakan …
a.ciri insan yang adil
b.ciri insan yang modern
c.karakteristik insan dinamis
d.ciri insan yang konservatif
e.ciri insan yang terbelakang

27.Sebagian besar masyarakat mempunyai anggapan kalau modernisasi yaitu proses menggandakan budaya barat. Mereka juga beranggapan kalau kebudayaan Barat yaitu kebudayaan yang terbaik. Sikap itu terjadi lantaran …
a.memakai produk ajaib sanggup meningkatkan status sosial
b.masyarakat kurang memahami arti modernisasi
c.masyarakat berpikir konservatif
d.masyarakat tidak mempunyai prinsip yang tegas
e.masyarakat merasa gembira apabila mempunyai produk-produk impor

28.Budi sering makan ayam goreng di suatu restoran cepat saji yang ternama. Budi juga merasa bahwa ada yang kurang kalau beliau tidak makan di restoran tersebut. Hal ini yaitu teladan dari dampak globalisasi dalam bidang …
a.sosial
b.budaya
c.politik
d.ekonomi
e.teknologi

29.Saat ini generasi muda di Indonesia cenderung melupakan budaya dan kesenian bangsa. Mereka cenderung lebih suka mengonsumsi film-film atau lagu-lagu asing. Apabila hal ini dibiarkan terus, maka akan menjadikan …
a.pengetahuan perihal budaya ajaib semakin bertambah
b.meningkatnya dominasi budaya tempat terhadap budaya asing
c.gaya hidup konsumtif semakin meluas di kalangan generasi muda
d.kesadaran generasi muda yang rendah terhadap budaya asing
e.eksistensi jati diri bangsa meluntur

30.Fenomena yang memperlihatkan adanya kecenderungan di kalangan generasi muda untuk lebih menyukai hamburger dan steak dibandingkan dengan makanan tradisional memperlihatkan akhir negatif globalisasi dalam bidang …
a.sosial
b.budaya
c.politik
d.ekonomi
e.teknologi



31. Ilmu yang mempelajari seluruh aspek pendidikan, baik itu struktur, dinamika, masalah-masalah pendidikan, ataupun aspek-aspek lainnya secara mendalam melalui analisis atau pendekatan sosiologis adalah...
a. Sosiologi pendidikan
b. Psikologi pendidikan
c. Profesi pendidikan
d. Manajemen pendidikan
Jawaban: a

32.Ciri-ciri sosiologi pendidikan yang didasarkan pada observasi dan nalar sehat yang kesudahannya tidak bersifat spekulatif merupakan...
a. Bersifat empiris
b. Bersifat teoritis
c. Bersifat kumulatif
d. Bersifat nenotis
Jawaban: a

32.Ciri-ciri sosiologi pendidikan yang selalu berusaha menyusun abstraksi dan hasil observasi merupakan...
a. Bersifat empiris
b. Bersifat teoritis
c. Bersifat kumulatif
d. Bersifat nenotis
Jawaban: b

33.Ciri-ciri sosiologi pendidikan yang teori-teori sosiologi dibuat menurut teori yang ada kemudian diperbaiki, diperluas dan diperhalus merupakan...
a. Bersifat empiris
b. Bersifat teoritis
c. Bersifat kumulatif
d. Bersifat nenotis
Jawaban: c

34.Ciri-ciri sosiologi pendidikan yang tidak mempersoalkan baik jelek suatu fakta tertentu tetapi untuk menjelaskan fakta tersebut merupakan...
a. Bersifat empiris
b. Bersifat teoritis
c. Bersifat kumulatif
d. Bersifat nenotis
Jawaban: d

35.Sejarah sosiologi pendidikan dimana sosiologi sebagai serpihan dari pandangan perihal kehidupan bersama filsafat umum merupakan...
a. Fase pertama
b. Fase kedua
c. Fase ketiga
d. Fase keempat
Jawaban: a

36.Sejarah sosiologi pendidikan dimana timbul keinginan-keinginan untuk membangun susunan ilmu menurut pengalaman-pengalaman dan peristiwa-peristiwa aktual (empiris) merupakan...
a. Fase pertama
b. Fase kedua
c. Fase ketiga
d. Fase keempa
Jawaban: b

37.Sejarah sosiologi pendidikan fase awal dari sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri merupakan...
a. Fase pertama
b. Fase kedua
c. Fase ketiga
d. Fase keempat
Jawaban: c

38.Sejarah sosiologi pendidikan cita-cita untuk gotong royong memperlihatkan batas yang tegas perihal obyek sosiologi, sekaligus memperlihatkan pengertian-pengertian dan metode-metode sosiologi yang khusus merupakan...
a. Fase pertama
b. Fase kedua
c. Fase ketiga
d. Fase keempat
Jawaban: d

39.Pendekatan sosiologi pendidikan yang menjadi titik pengamatannya perihal tingkah laris baik internal maupun eksternal merupakan...
a. Individu
b. Sosial
c. Interaksi
d. Kelompok
Jawaban: a

40.Pendekatan sosiologi pendidikan yang menjadi titik tekannya yaitu masyarakat dengan banyak sekali lembaga, organisasi, kelompok dan juga aktifitasnya merupakan...
a. Individu
b. Sosial
c. Interaksi
d. Pribadi
Jawaban: b

41.Pendekatan sosiologi pendidikan yang menjadi adonan pendekatan sebelumnya yakni individu dan sosial melalui proses interaksi lantaran pada realitanya individu dan sosial saling berafiliasi merupakan...
a. Individu
b. Sosial
c. Interaksi
d. Kelompok
Jawaban: c

Sekian artikel blog pendidikan terbaru terkait dengan Buku K13 Revisi terbaru dengan judul postingan Guru K13 : Soal Sudut Pandang dan Pendekatan Sosiologi

Silahkan Bapak/Ibu Guru Kelas/Mata Pelajaran Pengampu di sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional (Kurnas) salin tautan, bagikan serta simpan link ke post ini semoga yang tersemat di Blog Pendidikan ini sanggup bermanfaat.

0 Response to "Guru K13 : Soal Sudut Pandang Dan Pendekatan Sosiologi"

Post a Comment